MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM KONSORSIUM E-JOURNAL OLEH FPPTI JAWA BARAT

  • Yunus Winoto Universitas Padjadjaran
  • Julian Abdillah Universitas Padjadjaran
  • Ute Lies Siti Khadijah Universitas Padjadjaran
Keywords: strategic management, consortium, e-journal, indonesian university library forum (FPPTI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan manajemen strategis dalam program konsorsium e-journal oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis  yang meliputi tahap pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam mengembangkan program konsorsium e-journal, FPPTI Jawa Barat  pada tahap perencanaan dimulai dengan melakukan pengamatan serta analisis lingkungan internal dan eksternal yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman. Selanjutnya dari hasil analisis tersebut dilakukan dengan perumusan strategi berupa penetapan visi dan misi, tujuan, strategi dan kebijakan. Tahap kedua yaitu tahap implementasi yang membahas terkait penetapan program, penentuan anggaran serta pembahasan prosedur pelaksanaan program konsorsium e-journal. Kemudian pada tahap terakhir adalah evaluasi program konsorsium e-jurnal dengan mengukur kinerja serta pelaporan  berdasarkan analisis dan strategi yang telah dirumuskan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. 2011. Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik Untuk Manajemen Pendidikan). Cet. 2. Bandung: Alfabeta, CV.

Arlinah I.R. 2002. “Manajemen Kerjasama Antar Perpustakaan.” http://faculty.petra.ac.id/arlinah/perpustakaan/kerjasama/kerjasama.pdf.

Basuki, Sulistyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Perpustakaan Dan Masyarakat: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewi, Ratna, and Meri Sandora. 2019. “Analisis Manajemen Strategi UIN Suska Riau Dalam Mempersiapkan Sarjana Yang Siap Bersaing Menghadapi MEA.” El-Riyasah 10: 37–56.

Gultom, Hetty. 2013. Konsorsium Perpustakaan Di Indonesia. Medan: Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Harisyah, Harisyah, and Muhammad Azwar. 2015. “Pemanfaatan Jurnal Elektronik Oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.” Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 3 (1): 79–88. https://doi.org/10.24252/kah.v3i1a7.

Hasugian, Jonner. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Medan: USU Press.

Hunger, J. David, and Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Edited by Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.

Jamaluddin. 2015. “Mengenal Elektronik Jurnal Dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Karir Pustakawan.” Pustakawan Madya Di UPT Pustakawan Unhas XIV (2): 38–44. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/36/34.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

———. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pal, Jiban K, and Prabir Kumar Das. 2007. “Progress Through Partnership: Consortia Based e-Resource Subscription Initiatives in India.” Workshop on Consortia Based Subscription of Online Resources (CBSOR-2007) 9433161580: 1–26.

Robert K. Yin. 2012. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

———. 2014. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Robinson, Pearce. 1997. Manajemen Strategik, Formulasi, Implementasi, Dan Pengendalian. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Rusydi, Ibnu. 2014. “Pemanfaatan E-Journal Sebagai Media Informasi Digital.” Iqra’ 08 (02): 200–210.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutarno, N.S. 2003. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Syahrial, and Rusina Pamuntjak. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Revisi, Ce. Jakarta: Djambatan.

Published
2020-07-04
How to Cite
Winoto, Y., Abdillah, J., & Khadijah, U. L. S. (2020). MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM KONSORSIUM E-JOURNAL OLEH FPPTI JAWA BARAT. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 56-65. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.3657
Section
Articles
Abstract viewed = 2604 times
PDF downloaded = 1159 times