PENGARUH MODEL SCRAMBLE TIPE WACANA BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNILAK MATERI BRYOPHYTA

  • Jumiati Jumiati Universitas Lancang Kuning
  • Umiati Umiati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Scramble, WhatsApp, Penguasaan Konsep, Bryophyta

Abstract

Materi Bryophyta merupakan materi yang sulit dibayangkan karna materi ini masih termasuk  tumbuhan talus yang belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun sehingga membutuhkan media yang efektif sebagai alat bantu saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak  materi Bryophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Weak Eksperimen Dengan One-Group pretest-postest Design. sampel yang digunakan untuk penelitian adalah 39 orang mahasiswa dari kelas reguler yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa T-Test. Rerata N-Gain pada pretest dan posttest 0.64 kategori sedang dan hasil uji N-Gain menggunakan one sample t-test  dengan nilai 0.00<0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak pada materi Bryophyta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson & Krathwohl, (2010). Penelitian dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara: jakarta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.
Hamalik. (2009). Proses belajar mengajar. Bumi aksara : Jakarta.
Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia : Bandung.
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Indah, N. (2009). Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah (Schyzophyta,Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta). Institut Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Jember Fp MIPA Jurusan Biologi.
Iswati. (2018). WA untuk Media Pembelajaran. Tersedia http://jatengpos.co.id/wa-untuk-media-pembelajaran.html. (12 November 2018).
Jumiatmoko. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Wahana Akademika Volume 3 Nomor 1, April 2016.
Khusaini. Suyudi, A. Winarto dan Sugiyanto. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. JRKPF UAD Vol.4 No.1 April 2017.
Meltzer, D. E. (2002). “The Relationship Between Metamatics Preparation and Conceptual Learning Gains in physic: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest score”. American Journal of physics. Vol. 70. No. 12. Hal 1259-1268.
Purwanto. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Pustaka Pelajar: Surakarta.
Rakhmawati, T. Fatmaryanti, S. Akhdinirwan, W. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jalan KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah. Radiasi.No.1.Vol.1. Tahun 2012.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-rus Media: Yogyakarta.
Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sudarmi dan Burhanuddin. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.1 Maret 2017.
Sudijono. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Raja grafindo persada : Jakarta
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta:Bandung.
Suryanta. Abadi dan Asri. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Yos Sudarso Denpasar . Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).
Tatang. (2012). Ilmu pendidikan. Pustaka Setia: Bandung.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika Volume 6 Nomor 3 / November 2017.
Wulandari,A. (2010). Metode Penelitian. Tersedia http://www.trinoval.web.id/ 2010/04. jenis-uji-statistik.html. (12 Novenber 2018).
Published
2019-05-20
How to Cite
Jumiati, J., & Umiati, U. (2019). PENGARUH MODEL SCRAMBLE TIPE WACANA BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNILAK MATERI BRYOPHYTA. Bio-Lectura, 6(1), 13-24. https://doi.org/10.31849/bl.v6i1.2683
Section
Article