PENGARUH MODEL SCRAMBLE TIPE WACANA BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA FKIP UNILAK MATERI BRYOPHYTA
Abstract
Materi Bryophyta merupakan materi yang sulit dibayangkan karna materi ini masih termasuk tumbuhan talus yang belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun sehingga membutuhkan media yang efektif sebagai alat bantu saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak materi Bryophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Weak Eksperimen Dengan One-Group pretest-postest Design. sampel yang digunakan untuk penelitian adalah 39 orang mahasiswa dari kelas reguler yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa T-Test. Rerata N-Gain pada pretest dan posttest 0.64 kategori sedang dan hasil uji N-Gain menggunakan one sample t-test dengan nilai 0.00<0.05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble tipe wacana berbantuan WhatsApp terhadap penguasaan konsep mahasiswa FKIP Unilak pada materi Bryophyta
Downloads
References
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Bumi aksara: jakarta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.
Hamalik. (2009). Proses belajar mengajar. Bumi aksara : Jakarta.
Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia : Bandung.
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Indah, N. (2009). Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah (Schyzophyta,Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta). Institut Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Jember Fp MIPA Jurusan Biologi.
Iswati. (2018). WA untuk Media Pembelajaran. Tersedia http://jatengpos.co.id/wa-untuk-media-pembelajaran.html. (12 November 2018).
Jumiatmoko. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Wahana Akademika Volume 3 Nomor 1, April 2016.
Khusaini. Suyudi, A. Winarto dan Sugiyanto. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. JRKPF UAD Vol.4 No.1 April 2017.
Meltzer, D. E. (2002). “The Relationship Between Metamatics Preparation and Conceptual Learning Gains in physic: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest score”. American Journal of physics. Vol. 70. No. 12. Hal 1259-1268.
Purwanto. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Pustaka Pelajar: Surakarta.
Rakhmawati, T. Fatmaryanti, S. Akhdinirwan, W. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jalan KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah. Radiasi.No.1.Vol.1. Tahun 2012.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Beroriantasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-rus Media: Yogyakarta.
Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sudarmi dan Burhanuddin. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.1 Maret 2017.
Sudijono. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Raja grafindo persada : Jakarta
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta:Bandung.
Suryanta. Abadi dan Asri. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Yos Sudarso Denpasar . Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).
Tatang. (2012). Ilmu pendidikan. Pustaka Setia: Bandung.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika Volume 6 Nomor 3 / November 2017.
Wulandari,A. (2010). Metode Penelitian. Tersedia http://www.trinoval.web.id/ 2010/04. jenis-uji-statistik.html. (12 Novenber 2018).
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.