PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 29 PEKANBARU

  • Jumiati Jumiati
  • Dewi Nurjanah
Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar, media gambar, motivasi, organisasi kehidupan, student facilitator and explaining

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining disertai media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMPN 29 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas kontrol VII1 dan kelas eksperimen VII2 dengan jumlah masing-masing siswa 40. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan munggunakan teknik Simple Random Sampling. Rerata N-Gain pada kelas kontrol 0,42 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen 0,65 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji statistik N-Gain berbeda signifikan. Pengaruh motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 132,95 dan pada kelas kontrol adalah 126,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining disertai media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMPN 29 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-25
How to Cite
Jumiati, J., & Nurjanah, D. (2017). PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 29 PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2). https://doi.org/10.31849/bl.v4i2.397
Section
Article
Abstract viewed = 313 times
jumiati pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>