ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP MORFOLOGI DAUN DAN BUNGA DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi pada konsep morfologi daun dan bunga di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning, Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei2014. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning yang berjumlah 47 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen penelitian ini berupa tes diagnostik yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda yang dilengkapi indeks keyakinan mahasiswa (CRI) terhadap jawaban tes. Untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi dilakukan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan miskonsepsi yang terjadi pada konsep morfologi daun memiliki miskonsepsi lebih tinggi yaitu sebanyak 12,46% dan miskonsepsi pada konsep morfologi bunga sebanyak 12,17% dan miskonsepsi secara keseluruhan sebanyak 12,34%. Tingkat pemahaman mahasiswa yang tergolong sangat baik, tingkat pemahaman yang baik 40,42%, tingkat pemahaman cukup 46,80% dan10,63% tergolong memiliki pemahaman yang kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi baik pada konsep morfologi daun dan morfologi bunga.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.