PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE-PAIR-SQUARE (WPS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU T. A. 2013/2014)

  • Mariana Mariana
  • Hayati Hayati
Keywords: Kata kunci: Write-Pair-Square, hasil belajar, gerak tumbuhan

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe  write-pair-square terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep gerak tumbuhan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November tahun 2013 di SMP Negeri 19 Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, aktivitas siswa dan  aktivitas guru. Sampel penelitian ini ditetapkan 2 kelas  dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data berupa t-test apabila data normal dan homogen, U Mann-Whitney test apabila data tidak normal dan tidak homogen. Rerata N-Gain pada kelas pada kelas kontrol yaitu 0,48 (sedang) dan eksperimen 0,70 (tinggi). Berdasarkan hasil analisis uji statistik U Mann-Whitney test terhadap N-Gain diperoleh hasil yang berbeda signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kooperatif tipe Write-Pair-Square (WPS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 19 Pekanbaru pada konsep gerak tumbuhan tahun ajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-10-25
How to Cite
Mariana, M., & Hayati, H. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE-PAIR-SQUARE (WPS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GERAK TUMBUHAN DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU T. A. 2013/2014). Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 37-48. https://doi.org/10.31849/bl.v1i2.306
Section
Article
Abstract viewed = 173 times
Mariana pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)