PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN READING GUIDE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SELAT PANJANG

  • Martala Sari
  • Marisa Marisa
Keywords: Kata kunci : Learning cycle, reading guide, penguasaan konsep, sistem ekskresi

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning
cycle berbantuan reading guide terhadap penguasaan konsep sistem ekskresi pada
siswa kelas XI IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Selatpanjang tahun
ajaran 2014/2015 pada semester genap bulan Maret 2015. Desain penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen nonequivalent pretest-posttest control group
design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan
jumlah siswa masing-masing adalah 30 orang yang diambil dengan teknik simple
random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan
lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis komparatif dalam penelitian ini berupa t-test Independent 2
Sample. Rerata N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,76 (kategori tinggi) dan
pada kelas kontrol 0,48 (kategori sedang). Berdasarkan hasil uji statistik
menggunakan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan antara N-gain kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model learning cycle berbantuan reading guide terhadap
penguasaan konsep sistem ekskresi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2
Selatpanjang tahun ajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-25
How to Cite
Sari, M., & Marisa, M. (2016). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN READING GUIDE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SELAT PANJANG. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2). https://doi.org/10.31849/bl.v3i2.348
Section
Article
Abstract viewed = 223 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times