PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 28 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Martala Sari
  • Suripah Suripah
Keywords: Kata Kunci :Fire-up, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran fire-up terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia dikelas VIII SMPN 28 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan September 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest control group design .Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 dengan jumlah siswa masing-masing 22 dan 23 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test apabila data berdistribusi normal dan homogen dan U Mann-Whitney apabila data tidak berdistribusi normal atau tidak homogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,53 termasuk kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrolĀ  0,25 termasuk kategori rendah. Berdasarkan dari hasil uji-t maka diperoleh data yang berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran fire-up dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia dikelas VIII SMPN 28 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-10-25
How to Cite
Sari, M., & Suripah, S. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 28 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 60-70. https://doi.org/10.31849/bl.v1i2.308
Section
Article
Abstract viewed = 221 times
Martala Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>