PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 28 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran fire-up terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia dikelas VIII SMPN 28 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan September 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen pretest-posttest control group design .Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 dengan jumlah siswa masing-masing 22 dan 23 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test apabila data berdistribusi normal dan homogen dan U Mann-Whitney apabila data tidak berdistribusi normal atau tidak homogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,53 termasuk kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrolĀ 0,25 termasuk kategori rendah. Berdasarkan dari hasil uji-t maka diperoleh data yang berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran fire-up dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia dikelas VIII SMPN 28 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.