ANALISIS HABITS OF MIND MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI
Abstract
Dalam menjalankan proses perkuliahan bagi mahasiswa perlu menerapkan berbagai strategi dan upaya agar apa yang ditargetkan dapat tercapai secara maksimal. Strategi dan upaya tersebut harus dilatih agar menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Setiap orang memiliki berbagai kebiasaan, salah satunya adalah kebiasaan berpikir. Kebiasaan berpikir yang diharapkan dimiliki oleh setiap orang adalah kebiasaan berpikir cerdas. Kebiasaan berpikir cerdas setiap individu disebut dengan habits of mind (HOM). HOM sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran agar mahasiswa mampu mengatasi masalah yang dihadapinya. Penelitian yang berjudul “Analisis Habits Of Mind Calon Guru Biologi” ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning yang berada pada tingkat I, II, III dan IV Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel secara acak kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil HOM. Penelitian dilaksanakan pada bulan maret dengan menggunakan 40 butir angket sebagai isntrumen pengumpul data. Angket tersebut terdiri dari pernyataan positif dan negatif dengan 5 skala likert yang memiliki rentang dari sangat tidak setuju (STS) sampai sangat setuju (SS). Hasil penelitian menunjukkan HOM mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unilak berada pada kategori sedang yaitu 3,59. Rerata HOM mahasiswa semster 6 lebih tinggi dari pada HOM mahasiswa semester 4 dan 2 dengan masing masing 3,78, 3,51 dan 3,48. Dan 68,25% mahasiswa memiliki HOM sedang, 30,15 % rendah dan 1,59 % mahasiswa memiliki HOM tinggi.
Downloads
References
Costa , A.L. & Kalliks, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind. Habits of Mind:A Developmental Series. Alexandria, VA.
Costa, A.L., & Kallick, B. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind 16 Essential Characteristics for Students. Washington DC: Association for Supervision and Curriculum Development
Dahar, R. W. (1988). Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Isfiani, I.R. (2016). Profil Tingkatan Habits of Mind dan Kecemasan Kognitif Dalam Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Biodidaktika, Volume 11 No 2.
Marzano, R.J. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching with Dimensions of Learning. Alexandria: ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development.
Marzano, Pickering and McTighe. (1993). Assessing Student Outcomes.Performance Assessment Using the Dimension of Learning Model.Alexandria, Virginia; Association for Supervision and Curriculum Development
Marzano, R.J., dkk. (1997). Dimensions of learning trainer’s manual. Alexandria, Virginia USA: Mid-continent Regional Educational Laboratory
Mc. Millan, J. H. & Schumacher, S. (2001). Research in Education. Fifth Edition. New York: Longman
Nurmaulitas (2014). Pembentukan Habits Of Mind Siswa Melalui Pembelajaran Salingtemas Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 Juni 2014
Rustaman, Y.N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Text Book JICA Edisi Revisi. Bandung: Bilogi FPMIPA UPI.
Rustaman, N.Y. (2008). Kebiasaan Berpikir dalam Pembelajaran Sains dan Asesmennya. Retrieved May 15, 2019 from www.upi.ac.id
Sriyati, S. (2011). Peran asesmen formatif dalam membentuk habits of mind mahasiswa biologi. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Winkel, W.S., (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.