ANALISIS HABITS OF MIND MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI

  • Rikizaputra Rikizaputra Universitas Lancang Kuning
  • Arlian Firda Universitas Lancang Kuning
Keywords: Habit of Mind, Mahasiswa, Calon Guru Biologi

Abstract

Dalam menjalankan proses perkuliahan bagi mahasiswa perlu menerapkan berbagai strategi dan upaya agar apa yang ditargetkan dapat tercapai secara maksimal. Strategi dan upaya tersebut harus dilatih agar menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Setiap orang memiliki berbagai kebiasaan, salah satunya adalah kebiasaan berpikir. Kebiasaan berpikir yang diharapkan dimiliki oleh setiap orang adalah kebiasaan berpikir cerdas. Kebiasaan berpikir cerdas setiap individu disebut dengan habits of mind (HOM). HOM sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran agar mahasiswa mampu mengatasi masalah yang dihadapinya. Penelitian yang berjudul “Analisis Habits Of Mind Calon Guru Biologi” ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning yang berada pada tingkat I, II, III dan IV Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel secara acak kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil HOM. Penelitian dilaksanakan pada bulan maret dengan menggunakan 40 butir angket sebagai isntrumen pengumpul data. Angket tersebut terdiri dari pernyataan positif dan negatif dengan 5 skala likert yang memiliki rentang dari sangat tidak setuju (STS) sampai sangat setuju (SS). Hasil penelitian menunjukkan HOM mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unilak berada pada kategori sedang yaitu 3,59. Rerata HOM mahasiswa semster 6 lebih tinggi dari pada HOM mahasiswa semester 4 dan 2 dengan masing masing 3,78, 3,51 dan 3,48. Dan 68,25% mahasiswa memiliki HOM sedang, 30,15 % rendah dan 1,59 % mahasiswa memiliki HOM tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cerbin, B. (2011). Reducing Test Anxiety. UW-La Crosse Center for Anvancing Teaching & Learning.
Costa , A.L. & Kalliks, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind. Habits of Mind:A Developmental Series. Alexandria, VA.
Costa, A.L., & Kallick, B. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind 16 Essential Characteristics for Students. Washington DC: Association for Supervision and Curriculum Development
Dahar, R. W. (1988). Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Isfiani, I.R. (2016). Profil Tingkatan Habits of Mind dan Kecemasan Kognitif Dalam Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Biodidaktika, Volume 11 No 2.
Marzano, R.J. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching with Dimensions of Learning. Alexandria: ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development.
Marzano, Pickering and McTighe. (1993). Assessing Student Outcomes.Performance Assessment Using the Dimension of Learning Model.Alexandria, Virginia; Association for Supervision and Curriculum Development
Marzano, R.J., dkk. (1997). Dimensions of learning trainer’s manual. Alexandria, Virginia USA: Mid-continent Regional Educational Laboratory
Mc. Millan, J. H. & Schumacher, S. (2001). Research in Education. Fifth Edition. New York: Longman
Nurmaulitas (2014). Pembentukan Habits Of Mind Siswa Melalui Pembelajaran Salingtemas Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 Juni 2014
Rustaman, Y.N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Text Book JICA Edisi Revisi. Bandung: Bilogi FPMIPA UPI.
Rustaman, N.Y. (2008). Kebiasaan Berpikir dalam Pembelajaran Sains dan Asesmennya. Retrieved May 15, 2019 from www.upi.ac.id
Sriyati, S. (2011). Peran asesmen formatif dalam membentuk habits of mind mahasiswa biologi. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Winkel, W.S., (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
2020-04-25
How to Cite
Rikizaputra, R., & Firda, A. (2020). ANALISIS HABITS OF MIND MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 15-22. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4006
Section
Article
Abstract viewed = 454 times
PDF downloaded = 338 times