Peningkatan Kemampuan Pengelola Unit Bisnis dalam Analisis Kelayakan Usaha

  • Anto Ariyanto Universitas Lancang Kuning
  • Guntoro Universitas Lancang Kuning
  • Latifa Siswati Universitas Lancang Kuning
  • Wefni Mulya Sari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analisis Kelayakan Bisnis, Agrowisata, Pesantren, UKM

Abstract

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi penduduk yang tinggal di sekitar kawasan desa agrowisata setelah wabah Covid-19, sangat penting untuk mengembangkan ekonomi lokal yang kuat. Pondok Pesantren Ibnu Al-Mubarok merupakan salah satu pondok pesantren di Pekanbaru yang bergerak di bidang pertanian. Selama tiga tahun terakhir, perkembangan pesantren ini mengalami kemajuan yang signifikan. Untuk memenuhi tuntutan ekonomi, pesantren ini telah merintis berbagai inovasi, terutama di bidang pertanian, peternakan, dan usaha kecil menengah (UKM). Produksinya antara lain jagung, kacang panjang, pepaya, jeruk, dan kelengkeng. Peternakan menghasilkan ayam kampung dan telur. Sementara itu, perusahaan memproduksi sop ayam kampung, empek-emek, kue kering, dan kopi kafe di sektor UKM. Menurut hasil konsultasi dengan pengelola pondok pesantren, mereka mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha dan pemasarannya. Saat ini produk yang sudah ada sebatas dipasarkan ke masyarakat sekitar pesantren. Namun antusiasme masyarakat cukup tinggi karena adanya pondok pesantren yang memproduksi barang yang beragam. Mengingat tantangan yang dihadapi oleh pondok pesantren al-Mubarok, kami menyadari perlunya menerapkan keterampilan analisis kelayakan bisnis ke unit bisnis pesantren. Dengan mempelajari bisnisnya, pesantren akan mampu menerapkan strategi terbaik bagi pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan santri di pondok pesantren Al Mubarok. Setelah mendapatkan pelatihan analisis bisnis, para pengelola unit usaha di pesantren memiliki pemahaman yang lebih baik. Namun, dari segi teknis, pesantren harus memperhatikan tata letak bisnis mereka untuk memastikan kenyamanan pengunjung mereka. Selain itu, unit usaha pesantren harus memperhatikan karyawan, lingkungan, dan reputasinya. Saran untuk kelangsungan usaha di Pondok Pesantren Ibnu Al-Mubarok antara lain meningkatkan literasi keuangan pengelola usaha agar dapat memenuhi tanggung jawab keuangannya. Pemanfaatan media digital dalam pemasaran merupakan langkah strategis yang harus dikembangkan berdasarkan temuan FGD. Sehingga unit usaha pesantren dapat dipasarkan lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-28
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times