Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berdampak pada Peningkatan Prestasi Siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota

  • Yusneli Yusneli SLB Negeri Bangkinang Kota
Keywords: Manajemen SDM, KepemimpinanKepala Sekola, Kualitas Guru, Prestasi Siswa, Pendidikan Khusus

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajamen sumber daya manusia di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota yang memberikan dampak pada peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi berperan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen sumber daya manusia telah mendorong kualitas guru sehingga peningkatan prestasi siswa juga meningkat.

ABSTRACT

This study aims to analyze and describe human resource management at the Bangkinang Kota Special School which has an impact on increasing student achievement. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were teachers and students at Bangkinang Kota Special School who were selected by purposive sampling. Data collection techniques were carried out in natural settings, primary data sources and secondary data. Data collection tools in this study used role observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis in the study used Miles and Huberman's interactive model analysis. The results of the study show that the principal's leadership role in human resource management has boosted teacher quality so that student achievement has also increased.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-22
Abstract viewed = 134 times
PDF downloaded = 126 times