Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome

  • Indah Putri Dayana Universitas Lancang Kuning
Keywords: anak berkebutuhan khusus, down syndrome, perkembangan bahasa anak

Abstract

ABSTRAK

Anak berkebutuhan khusus adalah individu yang memiliki keunikan tersendiri salah satu klasifikasi anak berkebutuhan khusus adalah anak down syndrome. Anak down syndrome termasuk pada anak keterbelakangan mental yang disebabkan oleh genetic karna adanya kelebihan kromosom 21 pada sel somatik yang dialami. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan bahasa anak down syndrome dari sumber buku dan artikel jurnal. Dilihat dari berbagai artikel mengatakan bahwa anak down syndrome ini mengalami hambatan pada perkembangan bahasanya. Berdasarkan penelitian dari beberapa jurnal setelah di analisis dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa  anak down syndrome  dapat ditingkat melalui pelatihan dramatherapy dan metode pembelajaran permainan gambar benda serta dukungan dari orangtua.

ABSTRACT 

Children with special needs are individuals who have their own uniqueness, one of the classifications of children with special needs is children with down syndrome. Down syndrome children are included in children with mental retardation caused by genetics due to the presence of excess chromosome 21 in the somatic cells they experience. This type of research uses a qualitative approach with the literature review method. The purpose of this research is to find out the description of the language development of children with Down syndrome from books and journal articles. Judging from various articles, it is said that children with Down syndrome experience obstacles in their language development. Based on research from several journals after being analyzed, it can be concluded that the language development of children with Down syndrome can be improved throug

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-29
Abstract viewed = 245 times
PDF downloaded = 341 times