Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian bagi Anak Kesulitas Belajar Menggunakan Multi Method

  • Deby Agnes Nainggolan Universitas Negeri Padang
Keywords: anak kesulitan belajar, operasi perkalian, multi method

Abstract

ABSTRAK

Anak berkebutuhan khusus merupakan siswa yang memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan anak normal seusianya. Salah satu anak berkebuthan khusus adalah anak kesulitan belajar berhitung. Berdasarkan hasil asessmen terdapat anak kesulitan dalam mengerjakan perkalian dua angka dengan dua angka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan multi method apakah dapat meningkatkan kemampuan operasi perkalian dua angka dengan dua angka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen berupa pre-experimental design atau sering disebut quasi eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini pemberian tes dilakukan dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan belajar anak dengan bimbingan operasi perkalian dua angka dengan dua angka setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest yaitu 30% sedangkan untuk posttest terjadi peningkatan menjadi 73,33%.

 

ABSTRACT

Children with special needs are those who have their own characteristics compared to normal children of their age. One of the children with special needs is a child with difficulty learning to count. Based on the results of the assessor, there were difficulties for the child in doing the addition of two numbers with two numbers. This study aims to prove whether multi-methods can improve the ability to add two digits with two digits. In this study, researchers used an experimental method in the form of a pre-experimental design or often called a quasi-experimental with a one group pretest-posttest design. In this study, tests were carried out twice, namely before the experiment and after the experiment. The results of this study indicate that the learning ability of children with surgical guidance of adding two numbers with two numbers after being analyzed by looking at the average during the pretest was 30% while for the posttest there was an increase to 73.33%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-28
Abstract viewed = 62 times
PDF downloaded = 95 times