Analisis Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB PGRI Kamal
DOI:
https://doi.org/10.31849/r70hea62Keywords:
Proses Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, TunagrahitaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB PGRI Kamal. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk memahami strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, media pembelajaran yang disesuaikan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan guru, dan kuesioner yang disesuaikan untuk siswa tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merespons sangat positif terhadap proses pembelajaran, mengindikasikan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, dan sesuai kebutuhan mereka, didukung oleh penggunaan media yang relevan dan pendekatan individual. Guru mengadaptasi metode ceramah dengan pemanfaatan media digital dan fokus pada keterampilan fungsional sehari-hari. Meskipun demikian, tantangan signifikan ditemukan terkait indikator pembelajaran pemerintah yang tidak sepenuhnya adaptif, ketiadaan buku pendamping yang sesuai, serta perlunya peningkatan kapasitas guru dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya adaptasi pembelajaran guru sangat penting, namun dukungan struktural dan kebijakan yang lebih komprehensif diperlukan untuk mengoptimalkan pendidikan anak tunagrahita.
