Analisis Penggunaan Aplikasi E- Raport Kmerdeka Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada SMPN Di Kecamatan Kubu Babussalam
DOI:
https://doi.org/10.31849/q1nsj812Keywords:
E-Raport, Technology Acceptance Model (TAM), Kurikulum MerdekaAbstract
Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan di sektor pendidikan, termasuk melalui penerapan Aplikasi E-Raport sebagai media penilaian digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Aplikasi ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam evaluasi hasil belajar siswa, menggantikan sistem penilaian manual. Namun, penerapannya menghadapi tantangan, baik secara teknis seperti keterbatasan infrastruktur dan koneksi internet yang tidak stabil, maupun non-teknis seperti kurangnya pelatihan dan kesiapan guru dalam mengoperasikan sistem digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan guru terhadap Aplikasi E-Raport, dengan fokus pada dua konstruk utama: Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness(PU). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PEOU dan PU berpengaruh signifikan terhadap Attitude Toward Using (ATU) dan Behavioral Intention to Use (BIU). Namun, hubungan antara BIU dan Actual Use (AU) ditemukan hampir tidak signifikan, menandakan bahwa meskipun terdapat niat tinggi untuk menggunakan aplikasi, hambatan praktis seperti kendala teknis dan minimnya pelatihan masih menghalangi adopsi secara optimal. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan dukungan teknis dan kebijakan untuk memperlancar proses digitalisasi penilaian di sekolah.
References
M. R. Jaffar and A. Sabandi, “Penggunaan E-Raport dalam Implementasi Kurikulum 2013,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 12, no. 2, pp. 45–53, 2019.
[2] Y. R. Pratama and I. A. Wibowo, “Evaluasi e-Learning di Pendidikan Tinggi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Jurnal Teknologi Informasi dan Sains, vol. 9, no. 1, pp. 67–76, 2021.
[3] A. N. Putra and H. S. Nugroho, “Penerimaan Aplikasi e-Raport SMP Menggunakan Extended TAM,” Saintekom: Jurnal Sains dan Teknologi Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 122–131, 2021.
[4] I. Permana, “Evaluasi Keberlanjutan Sistem e-Raport Menggunakan UTAUT,” Journal of Information Systems and Informatics Engineering (JOISIE), vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2022.
[5] N. D. Rahman, “Analisis Penerimaan Aplikasi SIMPATIKA Menggunakan TAM pada Madrasah,” The Hadhari Journal, vol. 7, no. 1, pp. 34–42, 2022.
[6] A. F. Nugraha, “Evaluasi Penerimaan e-Learning di SMK Menggunakan TAM,” Evolusi: Jurnal Sistem dan Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 211–220, 2021.
[7] H. Astuti and R. N. Fitri, “Penerapan TAM pada Platform Ruang Guru di Masa Pandemi,” INTECOM: Indonesian Journal of Emerging Technologies in Computer and Management, vol. 5, no. 2, pp. 77–85, 2022.
[8] A. W. Rahman and H. S. Lestari, “Analisis TAM terhadap Penerimaan Teknologi Pendidikan oleh Guru SMP/MTs,” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 25, no. 1, pp. 23–36, 2022.
[9] J. P. Hutagalung, “Efektivitas Penggunaan Teknologi terhadap Kinerja Guru,” International Journal of Business, Law, and Education (IJBLE), vol. 4, no. 1, pp. 58–70, 2023.
[10] A. S. Widodo, “Studi Literatur Sistematis tentang Implementasi E-Raport di Sekolah Menengah,” Indonesian Journal of Educational Research and Review, vol. 6, no. 4, pp. 201–212, 2022.
[11] F. Rachman, “Analisis Adopsi Sistem e-Government di Surabaya Menggunakan Extended TAM,” International Journal of Electronic Government, vol. 21, no. 3, pp. 145–159, 2024.
[12] M. H. Akbar, “Evaluasi Penerimaan e-Study Applications dengan TAM pada Perguruan Tinggi,” Journal of Education Technology, vol. 9, no. 2, pp. 99–110, 2023.
[13] L. Kurniawan, “Penerapan TAM dalam Penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal Informatika Unisla, vol. 7, no. 1, pp. 55–64, 2022.
[14] S. Wibowo, “Analisis Penerimaan e-Learning Madrasah Menggunakan TAM,” KLIK: Kajian Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 14–22, 2023.
[15] A. Gunawan, “Pengembangan Extended TAM dengan System Usability Scale (SUS) untuk Evaluasi E-Learning,” arXiv preprint arXiv:1704.06127, 2017.
