HUBUNGAN PERSEPSI KONSUMEN DENGAN PERILAKU MENGKONSUMSI BUAH LOKAL DI PASAR TRADISIONAL ARENGKA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

  • Nopenti Sri Dewi K Simbolon Universitas Lancang Kuning
  • Rini Nizar Universitas Lancang Kuning
  • Dedi Zargustin Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pasar Buah Tradisional, persepsi konsumen, perilaku konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Hubungan Persepsi Konsumen Dengan Perilaku Mengkonsumsi Buah Lokal Di Pasar Tradisional Arengka Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

       Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tradisional Arengka Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2017 s/d bulan Januari 2018. Penelitian ini menggunakan teknik (Accidental Random Sampling) yaitu sampel yang bertemu langsung dan kebetulan membeli buah-buah lokal di Pasar Tradisional Arengka.

       Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dan Data Sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara langsung pada objek yang diteliti, yaitu konsumen yang membeli buah lokal sebagai sampel penelitian, dengan menggunakan daftar pertanyaan dalam kuesioner, dan Data sekunder yaitu data yang diperoleh dan bersumber dari instansi/lembaga yang terkait dengan penelitian ini yaitu Data BPS Kota Pekanbaru dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru

       Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Dengan analisis data Chi Square dan Koefisien Kontingensi. Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa program SPSS for windows versi 17.

       Dengan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa nilai X2 hitung 20.303 yaitu lebih besar dari X2 tabel 18.307, sehingga Ha di terima. Ini berarti ada hubungan yang signifikan antara Persepsi Konsumen dengan Perilaku Mengkonsumsi Buah Lokal di Pasar Tradisional Arengka Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Kata Kunci : Pasar Buah Tradisional, persepsi konsumen, perilaku konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arindita. S. 2002. Hubungan antara Persepsi Kualitas Pelayanan Citra Bank dengan Loyalitas Nasabah. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azizah, I. 2008. Analisis Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap
Keputusan Pembelian Buah Lokal (Studi Pada Laila Market Buah Malang).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN). Malang.

Basu Swastha Dharmmesta. T. Hani Handoko, 2000. Manajemen Pemasaran
Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFFE, Yogyakarta.

[BPS] Badan Pusat Statistik . 2017. Sarana Perekonomian Menurut Kelurahan di
Kecamatan Tampan. Kota Pekanbaru dalam Angka. BPS Kota Pekanbaru.
Deliarnov dan Astrina,2008. Perilaku Konsumen, PT Indeks, Jakarta.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, 2009. Trade Research and
Development Agency Report. Jakarta

Direktorat Jendral Holtikultura Kementerian Pertanian. 2013. Konsumsi Buah Nasional Dan Tabel Produksi Buah Lokal Indonesia.Diakses pada tanggal 21 Agustus 2013.

Dinas Perdagangan dan perindustrian. 2017. Pasar Tradisional Arengka. kota pekanbaru

Freddy Rangkuti, F. 2002. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ihsan, H. (2006). Filsafat Pendidikan Islam. Cet.3. Bandung: CV Pustaka Setia.

Jeani Noviana Rahayu, Elys Fauziyah, Aminah HM Ariyani. 2012. Preferensi
Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Penerbit: Universitas Trunojoyo Madura.

Juwita, R. 2008. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik Di Kota Pekanbaru. Skripsi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau. Pekanbaru (Tidak dipublikasikan).
Kotler dan Amstrong, 2001. Perilaku konsumen, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan keller, 2012. Manajemen Pemasaran Jilid II. Prenhallindo. Jakarta.
Nafisah, N. S., Suharno dan Tinaprilla. N. 2013. Sikap Dan Persepsi Konsumen
Terhadap Jeruk Lokal Dan Jeruk Impor Di Pasar Modern Kota Bogor. Departemen Agribisnis,Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nira, K. 2015. Pengaruh kesadaran, persepsi dan preferensi konsumen terhadap
perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah lokal studi kasus kawasan
industri jakarta utara.


Pasek Suardika, I GGA. Ambarawati, IP. Sukaatmaja. 2014. Analisis Perilaku
Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik CV Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 2, No. 1, Mei 2014

Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia
Pustaka Utama ,Jakarta.

2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta.

Sinaga, Pariaman. 2008. Menuju Pasar yang Berorientasi pada Perilaku
Konsumen. Sumber www.smecda.com/deputi7/file makalah. di kunjungi 12 maret 2010

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.
Yogyakarta: ANDI.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam
Pemasaran. Bogor. Ghalia Indonesia

,2004. Freferensi konsumen terhadap buah-buah lokal dan organik serta
implikasinya terhadap perdidikan konsumen cinta produk nasional. Jurnal
ilmiah. Bogor

, 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran.
Bogor. Ghalia Indonesia
Tarigan, A. R. Dkk. 2014. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Buah
Local Di Pasar Tradisional Arengka Kota Pekanbaru: Jurnal Manajemen
Agribisnis

Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.
Published
2018-07-24