Pemasaran Kopi Liberika Meranti di Desa Kedaburapat (Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau) dengan Aplikasi Berbasis Android
Abstract
Pemasaran kopi di Kabupaten Kepualaun Meranti terutama bagi para petani/produsen kopi saat ini mengalami kendala dalam pemasaran dikarenakan dampak pandemik yaitu Covid19. Sebelumnya pemasaran kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti hanya melalui titipan produk dari warung ke warung. Tujuan dari penelitian memberikan kemudahan petani/produsen kopi liberika dalam memasarkan produk kopinya hingga keluar Kabupaten yang berbasis android (Digital Marketing). Penelitian dilaksanakan di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti selama 6 bulan dari Maret 2022 sampai September 2022. Metode yang akan kita terapkan menggunakan metode tatap muka atau langsung dengan memberikan pelatihan dan menggunakan slide persentasi, modul aplikasi dan praktek secara langsung dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Penelitian kali ini akan membuat aplikasi berbasis android yang tentu akan lebih memudahkan lagi para petani/produsen kopi dalam menjual kopi dan juga mempermudah pembeli dalam mencari produk kopi. Dengan aplikasi berbasis android pembeli cukup menginstal aplikasi tersebut di smartphone, sehingga informasi-informasi terbaru tentang kopi akan didapat secara realtime dan jangkauan pemasaran akan lebih luas.
Downloads
References
Meranti. Statistik Perkebunan.
[2] L. Aprilia, L. Cyrilla, Burhanuddin. “Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E
Commerce Di PT X.” Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan ISSN 2303-2227 EISSN 2615-594X, vol. Vol 06, no. No 3, 2018, pp. 121–29.
[3] Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis Buku I. Yogyakarja : Andi Publsher
Copyright (c) 2023 Jurnal Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.