ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DIALOG KOPI DI SUKOHARJO

  • Rosyid Dwi Windarto Universitas Sebelas Maret
  • Kusnandar Universitas Sebelas Maret
  • Ernoiz Antriyandarti Universitas Sebelas Maret
Keywords: kedai kopi, loyalitas, kualitas produk, stata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di Dialog Kopi Sukoharjo. Metode penelitian dasarnya adalah deskriptif. Lokasi penelitian di Dialog Kopi Sukoharjo. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen Dialog Kopi adalah perempuan berusia 15-24 tahun, memiliki tingkat pendidikan setara dengan sekolah menengah atau saat ini masih pelajar, dan memiliki tingkat pendapatan yang dapat dianggap cukup. Variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen di Dialog Kopi adalah variabel kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,029.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Indonesia, “Toffin Indonesia Merilis Riset ‘2020 Brewing in Indonesia,’” Toffin Indonesia, 2020. Toffin Indonesia Merilis Riset “2020 Brewing in Indonesia” (accessed May 29, 2023).
I. C. Organization, “International Coffee Organization,” Coffee Year Production by Country, 2021. https://www.ico.org/prices/poproduction/ (accessed Sep. 17, 2022).
E. Rasmikayati, B. R. Saefudin, T. Karyani, K. Kusno, and R. Rizkiansyah, “Analisis Faktor Dan Tingkat Kepuasan Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Pelayanan Pada Konsumen Sayuran Organik Di Lotte Mart Kota Bandung,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 6, no. 1, p. 351, 2020, doi: 10.25157/ma.v6i1.3219.
P. Kotler and K. . Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks, 2018.
C. J. Lagerkvist, A. Normann, and A. Åström, “Product satisfaction in food choice is multiple-reference dependent: Evidence from an in-store non-hypothetical consumer experiment on bread,” Food Qual. Prefer., vol. 56, pp. 8–17, 2017, doi: 10.1016/j.foodqual.2016.09.006.
D. Irawan, E. Japarianto, and L, “ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELANGGAN RESTORAN POR KEE SURABAYA,” J. Manaj. Pemasar., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2013.
A. Sarino, “Upaya Menciptakan Kepuasan Pelanggan Dengan Pengelolaan Service Quality (Servqual),” J. MANAJERIAL, vol. 9, no. 2, pp. 19–24, 2010, doi: 10.17509/manajerial.v9i2.1798.
M. Singarimbun and S. Effendi, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2008.
M. Morrisan, Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana, 2012.
H. Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2011.
I. Kusumasati, Andarwati, and Hadiwidjojo, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop,” J. Ekon. Bisnis, vol. 2, no. 22, pp. 123–129, 2017.
Y. Ernawati, Y. D. Suseno, and Sunarso, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei pada Pelanggan DGC Coffeeshop di Solo, Kutoarjo, Sragen) Yufita,” J. Manaj. Sumber Daya Mns., vol. 11, pp. 175–187, 2017, [Online]. Available: https://erepository.uwks.ac.id/11660/
Abduh Malik Ahmad Arrasyid and N. Nurbaiti, “Analisis Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Amaro Coffee Shop,” Profit J. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 139–146, 2022, doi: 10.58192/profit.v1i4.316.
J. Bungin, C. Pagiu, and R. Tangdialla, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Logikaa Coffee House Kabupaten Toraja Utara,” J. Econ. Excell. Ibnu Sina, vol. 1, no. 4, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.59841/excellence.v1i4.470
S. K. Sebayang and S. H. Situmorang, “Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Online di Kota Medan,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 220–235, 2019, doi: 10.31842/jurnal-inobis.v2i2.86.
B. BELLINDA, E. DOLOROSA, and D. KURNIATI, “Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aming Coffee: Experiential Marketing,” J. Bisnis dan Akunt., vol. 22, no. 2, pp. 335–346, 2020, doi: 10.34208/jba.v22i2.760.
A. R. Julianto, Amnilis, and Gusriati, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Kopi pada Masa New Normal di Coffee Shop Kota Padang,” J. Res. Ilmu PertaniN, vol. 1, no. 1, pp. 94–100, 2021.
D. R. Azzahra, R. Nur Septyanti, and W. Yuliani, “Pengaruh Clien-Centered Therapy Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sma,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 2, no. 1, p. 30, 2019, doi: 10.22460/fokus.v2i1.4174.
Published
2023-12-29
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 5 times