TINGKAT EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN USAHATANI KELAPA SAWIT KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

  • Ria Resti Fauziah Agribisnis
  • Roza Yulida universitas riau
  • yulia andriani universitas riau
Keywords: minyak kelapa sawit, penyuluhan, efektivitas, media

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tingkat efektivitas ekstensi media pada kelapa sawit di kabupaten Pangkalan Kuras, 2) Menganalisis karakteristik hubungan petani terhadap tingkat efektivitas media di Pangkalan Kuras. Penelitian ini dilakukan di Desa Surya Indah dan Dundangan, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Waktu penelitian dimulai dari bulan Maret hingga Desember 2018. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah 60 sampel. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, Skala Likert, dan Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efektivitas ekstensi media yang dicetak termasuk dalam kategori "cukup efektif" pada ekstensi media dan efektivitas objek fisik termasuk dalam kategori "efektif". Ini menunjukkan bahwa penyuluh sebagai media objek fisik secara efektif digunakan di kabupaten Pangkalan Kuras. 2) Ada hubungan antara karakteristik petani dengan efektifitas internal dan eksternal media benda cetak atau fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon, dan Sahlan M.T. 2007. Aplikasi Statistika Dan Metode Untuk Penelitian Administrasi Dan Manajemen. Dewa Ruche. Bandung
Badan Pusat Statistik. 2016. Pelalawan dalam Angka. Pelalawan
Dinas Perkebunan Dan Kehutanan Kabupaten Pelalawan. 2018. Statistik Perkebunan Pelalawan 2017. Pelalawan. Riau.
Dinas Perkebunan Provinsi Riau. 2016. Provinsi Riau Dalam Angka 2017. Riau
Durianto, dkk. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Herzberg, F. 1990. “One More Time: How Do You Motivate Employers?” Harvard Business Review, p. 85.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. PT. Gramedia. Jakarta
Negara, M.senopati. 2010. Analisis Persepsi Perbandingan Efektivitas Iklan Tv : Yamaha Mio Dan Honda Vario (Studi Kasus FEB UIN Syarif Hidayatullah). Univesitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Riduan. 2011. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.
Siagian Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta: Jakarta
Published
2019-06-26
Abstract viewed = 558 times
pdf downloaded = 593 times