ANALISIS KINERJA PASAR KARET (Hevea Brasiliensis) DI KECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU

  • aldo mulya dharma agribisnis universitas riau
  • Ahmad Rifai universitas riau
  • Evy Maharani universitas riau
Keywords: Saluran, Karet, Pemasaran Dan Kinerja

Abstract

Kecamatan Kelayang adalah salah satu kecamatan yang memiliki luas areal perkebunan karet terluas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, dengan luas areal perkebunan karet dikecamatan Kelayang  ialah 13.066 (Ha). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran karet berdasarkan saluran pemasaran dan kinerja pasar. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei. Objek penelitian adalah pedagang, pedagang besar dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran karet dari produsen ke konsumen akhir (pabrik) di lokasi penelitian. Jumlah sampel pedagang yang ditentukan dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang karet dengan total responden 42, total pedagang pengumpul 38, dan 4 pedagang besar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) saluran pemasaran karet yang terdiri dari dua saluran: saluran pemasaran I dari petani, pengumpul, pedagang besar dan pabrik, dan saluran pemasaran II dari petani, pengumpul dan pabrik. ; (2) kinerja pasar di saluran pemasaran I menghasilkan marjin pemasaran sebesar Rp2.077,01 / kg, dan saluran pemasaran II Rp. Rp 2.058,8 / kg, efisiensi pemasaran saluran pemasaran sebesar 13,25%, dan saluran pemasaran II 8,84%. Saluran pemasaran saham petani I adalah 78,30%, dan saluran pemasaran II adalah 78,17%. Kinerja pasar dalam posisi tawar petani lemah karena harga ditentukan secara sepihak oleh pedagang, terutama di saluran I dan saluran II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Riau. 2017. Riau Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. Pekanbaru.

BPS Kabupaten Indragiri Hulu.2017. Indragiri Hulu Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hulu.

Maryani. 2007. Aneka Tanaman Perkebunan, Pusat Pengembangan Universitas Riau. Pekanbaru.

Soekartawi, 1993. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil – Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudiyono A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Heriyanto, H. (2018). Permintaan Pangan Rumahtangga Provinsi Riau: Model Linear Approximate Almost Ideal Demand System. Jurnal Agribisnis, 20(2), 156-168.

Heriyanto, H., Asrol, A., Karya, D., & Ningsih, V. Y. (2018). Analisis Faktor Produksi Kalapa Sawit Rakyat Menurut Tipologi Lahan di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Jurnal Lahan Suboptimal, 7(1).

Heriyanto, H., Karya, D., Choanji, T., Asrol, A., Bakce, D., & Elinur, E. (2019). Regression Model in Transitional Geological Environment For Calculation Farming and Production of Oil Palm Dominant Factor in Indragiri Hilir Riau Province. Journal of Geoscience, Engineering, Environment, and Technology, 4(1), 56-65.

Heriyanto, H., & Darus, D. (2017). Analisis Efisiensi Faktor Produksi Karet di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Dinamika pertanian, 33(2), 1-10.

Published
2019-06-26
Abstract viewed = 372 times
pdf downloaded = 697 times