PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KAPASITAS PEMERINTAH DESA TERHADAP KEBERHASILAN PENGELOLAAN DANA PEMBANGUNAN DESA DI KABUPATEN ROKAN HILIR

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PEGELOLAAN DANA PEMBANGUNAN DESA DI KABUPATEN ROKAN HILIR

  • Azwan Wan Universitas Riau
Keywords: Pengelolaan, Anggaran Dana Desa

Abstract

Pengelolaan dana pembangunan desa berkaitan erat dengan tuntutan reformasi, sehingga dibutuhkan di tingkat lokal agar kebijakan pengelolaan dana pembangunan desa lebih mampu mendorong peningkatan partisipasi dan kapasitas desa. Perancangan merupakan proses yang dilakukan untuk menentukan atau arahan, serta mengambil keputusan dalam mengalokasikan sumber daya (modal dan sumber daya manusia). Dalam pembangunan desa, perancangan merupakan kata kunci agar proses pembangunan desa lebih terarah, realistis, sistematis, dan hasil akhirnya dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi masyarakat dan kapasitas pemerintah desa terhadap keberhasilan pengelolaan dana pembangunan desa di Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir dimana responden adalah pemerintah desa dan masyarakat setempat dengan jumlah yang diambil sebanyak 169 responden. Untuk menganalisis pengaruh pasrtsipasi dan kapasitas pemerintah desa terhadap keberhasilan pengelolaan dana pembangunan desa menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM). Data yang diperoleh dari responden adalah data dalam bentuk primer dan bersifat ordinal sehingga untuk analisis SEM diperlukan data interval, maka untuk seluruh variabel yang berskala ordinal terlebih dahulu ditransformasihkan tingkat pengukurannya ke tingkat interval melalui Method of Succesive Interval (MSI).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, Ivanovich. 2009. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Tersedia: http://ivanagusta.files.wordpress.com/2009/04/ivan-pengumpulananalisis-data-kualitatif.pdf. (diakses pada hari Rabu, 8 Januari 2014)
Arnstein, S 1969, A Ladder of Citizen Participation, Vol. 35.
Askita, 2019 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Petani Dalam Mengadopsi Sistem Pemasaran Lelang Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) Di Kecamatan Kuantan Tengah Dan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi
Danim, Sudarman 2003. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.
Dian, M. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pasar Buah Pekanbaru) Tahun 2014. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Riau, Riau.
Djaha A. S. A. dkk. 2007. “Pelaksanaan Otonomi Desa (Studi Kasus Di Desa Soba Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang). Jurnal Administrasi Publik Volume IV Nomor I. Kupang: Jurusan Administrasi Negara, FISIP Undana.
Dwi, S, 2015. Jurnal Pemberdayaan Petani: Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian Di Indonesia, Bogor.
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Halwani, Hendra., Tjiptoherijanto, Prijono., 1993, Perdagangan Internasional: Pendekatan Ekonomi Mikro dan Makro, Ghalia Indonesia, Jakarta
Ife J. dan Tesoriero F. 2008. Community Development. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Kali, Agustinus., 2011. Analisis Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Pembangunan PLTMH di Paneki Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Majalah Ilmiah “Mektek” Tahun XII No.3, Universitas Tadulako Palu.
Karianga, H. 2011. Perspektif Hukum dan Demokrasi. Penerbit PT Alumni. Bandung.
Mardikanto, T. 1996. Penyuluhan Pertanian. Gramedia Jakarta.
Muhammad, F. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Satuan Kerja Badan Layanan Umum Universitas Riau Tahun 2015. Program Pascasarjana, Unversitas Riau, Riau.
Published
2020-08-17
Abstract viewed = 185 times
PDF downloaded = 135 times