Analisis Ekonomi Rumah Tangga Petani Sayuran Di Kabupaten Kampar

  • Yuliana Universitas Riau
Keywords: Keputusan Ekonomi Rumahtangga, Petani Sayuran

Abstract

Penelitian ini mencoba menganalisis ekonomi rumahtangga petani sayuran di Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode ekonometrik dengan metode Two Stage Least Square (2SLS). Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, produksi sayuran terkait oleh total alokasi waktu kerja dalam usahatani. Kedua, alokasi waktu kerja dalam usahatani dan penggunaan tenaga kerja rumahtangga tidak merespon terhadap pendapatan dalam usahatani dan alokasi waktu kerja luar usahatani. Alokasi waktu kerja luar usahatani tidak responsif terhadap pendapatan dari luar usahatani, alokasi waktu kerja dalam usahatani, dan angkatan kerja petani. Ketiga,Pendapatan rumahtangga di luar usahatani tidak responsif terhadap alokasi waktu kerja luar usahatani, pendidikan petani dan umur petani. Keempat, konsumsi pangan dan non pangan tidak responsif terhadap investasi pendidikan petani. Kelima, investasi pendidikan, investasi usahatani, rekreasi , dan tabungan, responsif oleh total pendapatan rumahtangga. Keenam , simulasi peningkatan harga sayur dan penurunan harga pupuk positif terhadap rumahtangga petani sayuran, sedangkan peningkatan upah tenaga kerja dampak negatif terhadap ekonomi rumahtangga petani sayuran. Terakhir,implikasi kebijakan yang dapat diambil pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi rumahtangga petani sayuran di kabupaten Kampar adalah dengan melakukan pembinaan terhadap petani sayuran di kabupaten Kampar meningkatkan kualitas dan meningkatkan produktivitas yang menghasilkan harga pupuk yang bersaing dan stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adevia, Juli., Djaimi. Bakce, dan Syaiful. Hadi. 2017. Analisis pengambilan keputusan ekonomi rumahtangga petani kelapa di Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal SOROT. 12(1): 11-24.
Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. 2016. Riau dalam angka 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. Pekanbaru.
Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. 2017. Riau dalam angka 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. Pekanbaru.
Barokah, Umi., Masyhuri, Lestari. Rahayu. Waluyati, dan Slamet. Hartono. 2015. Perilaku ekonomi rumahtangga petani lahan kering di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 8(2): 40-46.
Becker, G.S. 1965. Theory of the allocation of time. The Economic Journal.
75(299): 493-517.
Chintia, Marissa., Syaiful. Hadi, dan Djaimi. Bakce. 2017. Analisis faktor–faktor dominan yang mempengaruhi ekonomi rumahtangga petani padi sawah di Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Ilmiah Pertanian. 14(1): 12-20.
Gujarati, Damodar. 2011. Dasar-dasar ekonometrika. Salemba Empat. Jakarta.
Gronau, R. 1977. Leisure, home production and work: the theory of the allocation of time revisited. Journal of Political Economy 85(6): 1099-1123.
Intriligator, M.D. 1978. Econometric model, techniques and applications. Prentice Hall Inc. New Jersey.
Jelita, Nur., Syaiful. Hadi, dan Djaimi. Bakce. 2016. Analisis pengambilan keputusan ekonomi rumahtangga petani kelapa di Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal SOROT. 11(1): 15-28.
Koutsoyiannis, A. 1977. Theory of econometrics. McGraw-Hill Publishing Co.
New York.
Nurhayati, Djaimi. Bakce, dan Yusmini. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan ekonomi rumahtangga petani kakao di Kabupaten Kuantan Singingi. Indonesian Journal of Agricultural Economics. 3(2): 105-116.
Pindyck, R. S., and D. L. Rubinfeld. 1991. Econometric models and economic forcasts. Third Edition. McGraw-Hill Inc. New York.
Putra, Andri. Yama., Djaimi. Bakce, dan Ahmad. Rifai. 2012. Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan ekonomi rumahtangga petani karet di Kabupaten Kuantan Singingi. Indonesian Journal of Agricultural Economics. 3(1): 71-83.
Putri, Amalia., Syaiful. Hadi, dan Djaimi. Bakce. 2016. Analisis pengambilan keputusan ekonomi rumahtangga petani kelapa di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa. 3(1): 1-12.
Sawitri, Nina., Djaimi. Bakce, dan Susi. Edwina. 2015. Analisis ekonomi rumahtangga pengusaha agroindustri gula kelapa di Kabupaten Indragiri
Published
2019-12-15
Abstract viewed = 749 times
pdf downloaded = 863 times