PERTANIAN TERPADU SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN DI KELURAHAN AGROWISATA DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU

  • Latifa Universitas Lancang Kuning
Keywords: pendapatan,pertanian terpadu , tanaman dan ternak

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis dan Mengetahui pendapatan pertanian terintegrasi di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang diterapkan adalah teknik wawancara dan pengamatan atau supervisi langsung pada petani yang melakukan pertanian terpadu yang ada di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai. melakukan wawancara serta ketepatan mendukung data yang diperlukan berpedoman pada daftar pertanyaan terstruktur. Teknik penetapan populasi lokasi dilakukan secara purposive sampling . Dianggap diambil dari petani yang melakukan usahatani terpadu.

Hasil penelitian menunjukkan Pendapatan responden rata-rata Rp 2.343.670, - / perbulan BCR 2,94 usaha pertanian terpadu layak untuk dikembangkan di Kelurahan Agrowisata Kec. Rumbai Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Data Pertanian Kota Pekanbaru. pekanbaru: Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, 2018.
[2] B. P. S. K. Pekanbaru, Pekanbaru Dalam Angka. pekanbaru: Badan Pusat Statistik Pekanbaru, 2017.
[3] soekartawi, Agribisnis Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada, 2010.
[4] D. I. K. Brebes and L. Riyanti, “ANALISIS EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI,” 2011.
[5] A. Sudaryana, “Arif Sudaryana - Perilaku Konsumen dalam Berbelanja pada Supermarket di Yogyakarta 67,” pp. 67–83.
[6] A. Shaleh, Eniza ; Yunilas ; Habib Sofyan, “Analisis Pendapatan Peternak Sapi Potong di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang,” vol. 2, no. 1, pp. 36–42, 2006.
[7] L. Siswati, “Pola pertanian terpadu ternak dan tanaman hortikultura di kota pekanbaru,” J. Peternak., vol. 9, no. 2, pp. 75–82, 2012.
[8] L. Siswati and D. Rini, “Kesejahteraan Petani Pola Pertanian Terpadu Tanaman Hortikultura Dan Ternak,” vol. XVII, no. 1, pp. 10–14, 2014.
[9] M. I. A. Hasibuan et al., “Analisis usaha ternak sapi potong,” no. 3.
[10] S. I. S. Riszqina, L. Jannah, Isbandi, E. Rianto, “ANALISIS PENDAPATAN PETERNAK SAPI POTONG DAN SAPI BAKALAN KARAPAN DI PULAU SAPUDI KABUPATEN SUMENEP (Income Analysis of Beef and Racing Cattle Farmers in Sapudi Island Regency of Sumenep),” JITP, vol. 1, no. 3, pp. 188–192, 2011.
Published
2019-12-15
Abstract viewed = 646 times
pdf downloaded = 799 times