S Manajemen Pengendalian Kualitas Dalam Menjaga Eksistensi Pada Kopi Babah Kacamata di Salatiga
Manajemen Pengendalian Kualitas
Abstract
Kopi Babah Kacamata merupakan salah satu produk lokal di Salatiga. Kopi Babah Kacamata terus mempertahankan kualitas produk hingga eksistensi sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan : 1) Menganalisis proses manajemen kualitas Kopi Babah Kacamata dengan metode PDCA 2) Mengidentifikasi faktor-faktor dalam menjaga eksistensi Kopi Babah Kacamata 3) Mengetahui apakah kopi Babah Kacamata dapat mempertahankan eksistensi atau tidak. Penelitian ini dilakukan di Kopi Babah Kacamata yang berada di Jl. Kalinyamat no.16, Kuntowinangun, Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan untuk uji validitas data menggunakan metode triangulasi, PDCA (Plan, Do, Check, Action), 5M (Man, Money, Machine, Methods, Materials), dan menggunakan software ATLAS (Audit Tool and Linked Archive System). 5M (Man, Money, Machine, Methode, Materials), dan menggunakan software ATLAS (Audit Tool and Linked Archive System). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kualitas yang dilakukan oleh Kopi Babah Kacamata sudah cukup baik dengan menjalankan SOP yang sudah dibuat. Analisis 5M menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kualitas di Kopi Babah Kacamata adalah faktor manusia (man). Alasan mengambil tempat penelitian di Kopi Babah Kacamata, karena ingin mengetahui manajemen kualitas kopi yang mempengaruhi eksistensi Kopi Babah Kacamata saat ini. Eksistensi Kopi Babah Kacamata akan terus berlanjut sampai kapanpun, karena perusahaan terus berupaya untuk memperbaiki kualitas.
Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, PDCA,Proses Produksi, Eksistensi, Kopi Babah Kacamata
Downloads
References
[2] Sari, I. G. A. A. H., & Sudiartha, G. M. (2019). Pengendalian Kualitas Proses Produksi Kopi Arabika Pada Ud. Cipta Lestari Di Desa Pujungan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2495–2523. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i04.p22.
[3] Afriansyah, E. A. (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 53–63. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.260
[4] Desianti, N. G. N. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistic Processing Control (Spc) Pada Cv. Pusaka Bali Persada (Kopi Banyuatis). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 636–645. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20151
[5] Fatma, N. F., Ponda, H., & Handayani, P. (2020). Penerapan Metode PDCA Dalam Peningkatan Kualitas Pada Product Swift Run di PT. Panarub Industry. Journal Industrial Manufacturing, 5(1), 34–45.
[6] Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351
Copyright (c) 2020 Jurnal Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.