FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DALAM PEMBELIAN KOPI BUBUK INSTAN DI KOTA SEMARANG

  • Ernoiz Antriyandarti Universitas Sebelas Maret
Keywords: Kopi Bubuk Instan, Keputusan Pembelian, Marketing mix, Analsis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan dalam pembelian kopi bubuk instan di Kota Semarang, 2. Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dipertimbangkan dalam  pembelian kopi bubuk instan di Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan metode non probality sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teknik pengumpulan data, kuesioner Google Form, dan pencatatan. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian kopi bubuk instan di Kota Semarang. 1) faktor distribusi dan aksebilitas yang terdiri dari variabel ketersediaan produk di pasaran, praktis dan kemudahan memperoleh:- 2) faktor promosi dan lingkungan fisik yang terdiri dari variabel nama produk, promo,iklan dan bentuk desain kemasan:- 3) faktor identitas yang terdiri dari kelengkapan keterangan produk dan varian produk:- 4) faktor image produk yang terdiri dari variabel nama produk dan kesesuaian harga:- 5) faktor letak lokasi dan harga yang terdiri dari variabel keterjangkauan harga dan letak lokasi:- 6) faktor berat produk yang terdiri dari variabel berat produk:- 7) faktor produk dasar yang terdiri dari variabel rasa produk dan ketersediaan di pasaran:- 8) faktor pelayanan toko yang terdiri dari variabel pelayanan toko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2018. Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Jawa Tengah. BPS Jawa Tengah.
Damayanti, A. 2009. Analisis Faktor Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng pada Pasar Swalayan di Kota Surakarta. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran jilid 1. Jakarta : Indeks.
Nazir. 2003. Metodologi penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Saniy, R. 2018. Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Teh Kotak Sosro di Pasar Swalayan Kota Surakarta. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Simmamora, B. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta : Gramedia.
Sukotjo, H dan Radix, S. R. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. J Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis 1(2): 216-228.
Sukmantara, W dan Suprapti, N.W.S. 2013. Pengaruh Lingkungan Situsional Terhadap Pemilihan Tempat Belanja Minimarket di Kota Denpasar. Skripsi.
Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.
Sundari, M. T., Harisudin, M dan Agustono. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Pasar Swalayan Kabupaten Wonogiri. J SEPA 15 (1) : 39-49.
Sunyoto, D. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tjahjono, A dan Hatane, S. 2013. Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. J Manajemen Pemasaran. Surabaya: Universitas Kristen Petra 3(1) : 41 -49.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta : Andy Offset.
Published
2020-12-29
Abstract viewed = 167 times
PDF downloaded = 141 times