Analysis Financial of Usaha Dagang Rahayu AK in Pekanbaru

  • Widi Syabilla Poedjiani Agribisnis
Keywords: Ayam organik, Usaha Dagang Rahayu AK, Kelayakan Finansial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial Usaha Dagang Rahayu AK di  Kota Pekanbaru. Usaha Dagang Rahayu AK adalah satu satunya UMKM yang memproduksi olahan ayam organik pada saat ini. Penelitan ini menggunakan metode studi kasus. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga kriteria investasi, yaitu Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio ,(Net B /C), dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil penelitian menyimpulan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan UD  Rahayu AK layak secara finansial, ditunjukkan oleh  nilai NPVusaha  yang positif sebesar Rp4.960.950.934,- ,  Net B/C lebih besar dari satu yaitu 6,49 dan nilai IRR lebih besar dari Social Opportunity Cost of Capital (SOCC) sebesar  40,53%. Hasil analisis sensitivitas terhadap kenaikan harga bahan baku utama yaitu ayam organik sebesar 13%, dan penurunan jumlah pasokan ayam organik sebesar 20%, menunjukkan bahwa usaha ini   masih layak secara finansial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ibrahim, Y. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

[2] Magistasari, R. 2013. Analisis Usaha Pemotongan Ayam di Kabupaten Bogor. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB. Bogor.

[3] Maryati. 2010. Statistika Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi Kedua. AMPYKPN. Yogyakarta

Muchtar, et al. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Kencana. Jakarta.

[4] Rasyaf, M. 2003. Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

[5] Sari, J. 2018. Kajian Pengembangan Bisnis Pendirian Rumah Potong Ayam Syar’i pada Suwaji Farm di Kota Tangerang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Studi Manajemen Agribisnis. IPB. Bogor.

[6] Suliyanto, 2010. Studi Kelayakan Bisnis. Andi. Yogyakarta.

[7] Supriyono. 2011. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. BPTE : Yogyakarta.

[10] Susana. 2018. Analisis Finansial Usaha Rumah Potong Ayam Broiler Semi Modern. Jurnal Tropika 6 (3) : 936-949.

[11] Yuliana, D. 2010. Transformasi Pertanian Modern ke Pertanian Organik di Subak WangayaBetan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Disertasi. Program Studi Kajian Budaya. UNiversitas Udayana. Bali.
Published
2021-08-26
Abstract viewed = 137 times
PDF downloaded = 330 times