Analisis Saluran Tataniaga dan Margin Tataniaga Kelapa di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

  • lathifah suwandi politeknik negeri pontianak
Keywords: jurnal lathifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui saluran tataniaga yang ada di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. 2) Mengetahui besarnya bagian pendapatan yang diterima petani kelapa. 3) Mengetahui tingkat efesien pemasaran kelapa di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunaka metode survei dimana penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel dari 2 populasi yaitu petani yang memiliki status kepemilikan lahan perkebunan kelapa sendiri dan lembaga pemasaran yang berkaitan dengan penjualan kelapa di Kecamatan Sungai Kakap. Berdasarkan kriteria ini ada 35 petani dan 5 pedagang kelapa dari 3 desa di Kecamatan Sungai Kakap. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan teknik Snowball Sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran di Kecamatan Sungai Kakap yaitu saluran I (Petani - Pedagang Pengumpul Desa - Pedagang Pengumpul Kecamatan - Konsumen) dan saluran II (Petani - Pedagang Pengumpul Desa - Pedagang pengumpul  Kecamatan - Pedagang Besar - Konsumen).Margin Pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 800 per butir dan Saluran II Rp. 2.300 per butir. Bagian Farmer’s Share pada Saluran I sebesar 71,43% dan saluran II 51,11% dengan rasio keuntungan dan biaya pada saluran I sebesar 0,46 (46%) dan saluran II 0,64 (64%). Saluran I merupakan saluran yang paling efesien di Kecamatan Sungai Kakap dengan margin terkecil Rp.800 per butir atau 28,57% dan Farmer’s Share yang tertinggi 71,43%.

 

Kata Kunci : Tataniaga, Saluran Tataniaga, Margin , Farmer’s  Share, Efesien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, A.N. 2005. Virgin Coconut Oil. Minyak Penakluk Aneka Penyakit. Penerbit Agro Media Pustaka. Jakarta
Ananda, F. R. 2017.Sistem Tataniaga Tandan Buah Segar Di Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara’, Jurnal Agrica, 9(2), p. 126. doi: 10.31289/agrica.v9i2.545.
Darmawati, 2005. Analisis Pemasaran Mendong Di Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tidak dipublikasikan.
Erwanto. 2010. Analisis Pemasaran Buah Mangga Arumanis ( Mangifera indica L.)’, pp. 1–118.
Jumiati, E. 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur’, Jurnal Agrifor, XII(1), pp. 1–10. doi: 1412 – 6885.
Romadon, M. 2017. Analisis Efesiensi Tataniaga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit ( Study Kasus : Petani Perkebunan Inti Rakyat Desa Meranti Paham Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu)’, Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 6(2), p.11
Soekartawi, 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta, Edisi Revisi
Vinifera, N. 2006. Analisis Tataniaga Komoditi Kelapa Kopyor (Studi Kasus: di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah)’.
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 126 times
PDF downloaded = 247 times