Pengaruh Kualitas Produk Sayuran Organik Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di “Pasar Buah Pekanbaru” Kota Pekanbaru

  • mufti mufti Universitas lancang Kuning
Keywords: Analisis Kepuasan Konsumen, Konsumen, Kepuasan, sayuran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, tingkat kepuasan konsumen, dan juga faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen sayuran organic di pasar buah pekanbaru Kota Pekanbaru.

Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Buah Pekanbaru Kota Pekanbaru. Sampel yang diambil adalah masyarakat yang membeli sayuran. Metode penelitian yanng digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Important Performance Analysis (IPA), analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Teknik penetapan sampling lokasi/wilayah dilakukan secara purposive sampling. Cara pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dimana pada saat itu tim langsung ke pasar buah pekanbaru dan mewawancarai konsumen yang ada di pasar dan sedang membeli sayuran.

Hasil dari penelitian yang diperoleh diketahui bahwa karakteristik konsumen yang membeli sayur organic antara lain: jenis kelamin terbesar yang menjadi responden adalah Perempuan dengan total 98 orang sedangkan responden Laki-laki adalah 2 orang Jenis kelamin, Perempuan = 98 orang sedangkan responden Laki-laki = 2 orang. Usia, 37-42 tahun = 42 orang, 31-36 tahun = 34 orang,  25-30 tahun = 22 orang, dan 43-48 tahun = 2 orang. Pendidikan terakhir, SMA = 69 orang, S1 = 29 orang, Dan D3 =  2 orang. Pekerjaan, Ibu Rumah Tangga (IRT) = 73 orang, Karyawan Swasta = 22 orang, PNS/Guru = 4 orang, dan Guru Honorer = 1 orang.

Atribut atau indicator produk yang masuk kedalam kuadran 1 (prioritas Utama) yaitu harga sayur organic itu sendiri yang masuk kedalam kuadran 2 antara lain : kesegaran sayur, variasi sayur yang dijual dan kebersihan produk, yang masuk ke kuadran 3 yaitu kemasan sayur yang dijual dan atribut yang masuk kedalam kuadran 4 yaitu : jumlah produk yang dijual. Dari nilai CSI yang diperoleh diketahui bahwa atribut kualitas produk dan atribut pelayanan yang ada di Pasar Buah Pekanbaru menurut konsumen sudah membuat konsumen “Sangat memuaskan” Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christine. (2016). Pengaruh Gaya HIdup dan Demografi Terhadap Preferensi Belanja Konsumen di P (Placeholder2)asar Beringharjo. (Doctoral Dissertation, Uajay) Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Hartono. (2010). Terjemahan Buku Public Health Nutrition. Jakarta: EGC.
Kotler. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan. Jakarta: Prenhalindo.
------- (2012). principles Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
------- (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.
Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution, M. (2004). manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Philip Kotler, G. A. (2008). Principles Marketing. Financial Times Prentice Hall.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Kanjuruhan Malang.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Wahyudin. (2018). Pengaruh Presepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi, dan Kualitas Pasar Terhadap Minat Beli KOnsumen di Pasar Pon Purwokerto. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yamato. (2011). Kekurangan dan Kelemahan Pasar Modern dan Pasar Tradisional. Yogyakarta: ANDI
Abstract viewed = 373 times
PDF downloaded = 345 times