Mengukur Tingkat Efisiensi Pemsaran DOD Di Desa Modopuro

SEBUAH PEMBUKTIAN DENGAN MARKETING EFFICIENCY INDEX METHOD

  • Wahyu Santoso Jurusan Agribisnis, UPN "Veteran" Jawa Timur
Keywords: DOD, efisiensi pemasaran, marketing efficiency index

Abstract

ABSTRACT

The development of Day Old Duck (DOD) marketing activities in Modopuro Village, Mojokerto Regency can be done by selecting the most efficient channel. The purpose of this study is to determine the channel and to measure the efficient level of DOD marketing. The marketing efficiency indicator itself can be seen based on the size of the margin and the farmer's share value, while measuring the level of marketing efficiency is analyzed using the marketing efficiency index method. The results showed that there were four DOD marketing channels in Modopuro Village, namely channel I: hatchers - collectors - consumers, channel II: hatchers - consumers, channel III: hatchers - retailers - consumers, channel IV: hatchers - collectors - retailers - consumer. In succession, the marketing margins for the four channels are Rp 4.500/head, Rp -/head, Rp 1.500/head, and Rp 5.500/head. The farmers' share value shows if the four marketing channels are efficient. The analysis of the level of marketing efficiency shows that channel II is the most efficient DOD marketing channel with a ME value of 32, followed by channel III of 27, channel I of 26, and channel IV is the DOD marketing channel which has the lowest level of efficiency with a value of 15.

 

Keyword : DOD, marketing efficiency, marketing efficiency index

 

ABSTRAK

Pengembangan kegiatan pemasaran Day Old Duck (DOD) di Desa Modopuro, Kabupaten Mojokerto dapat dilakukan dengan memilih saluran pemasaran yang paling efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran dan mengukur tingkat efisiensi pemasaran DOD. Indikator efisiensi pemasaran sendiri dapat dilihat berdasarkan besarnya margin dan nilai farmer’s share, sedangkan untuk mengukur tingkat efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan metode marketing efficiency index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran DOD di Desa Modopuro, yakni saluran I : penetas – pengepul – konsumen, saluran II : penetas – konsumen, saluran III : penetas – pedagang pengecer – konsumen, saluran IV : penetas – pengepul – pedagang pengecer – konsumen. Secara berturut-turut besarnya margin pemasaran pada keempat saluran tersebut yakni Rp 4.500/ekor, Rp -/ekor, Rp 1.500/ekor, dan Rp 5.500/ekor. Nilai farmers’ share menunjukkan jika keempat saluran pemasaran telah efisien. Adapun dari analisis tingkat efisiensi pemasaran diketahui bahwa saluran II merupakan saluran pemasaran DOD yang paling efisien dengan nilai ME 32, disusul saluran III sebesar 27, saluran I sebesar 26, dan saluran IV merupakan saluran pemasaran DOD yang memiliki tingkat efisiensi terendah dengan nilai 15.

Kata kunci : DOD, efisiensi pemasaran, marketing efficiency index

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angipora. (2002). Dasar-dasar Pemasaran (Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ardillah, F., & Hasan, F. (2020). Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. 1, 12–25.
Dinas Peternakan Jawa Timur. 2018. Populasi Ternak Itik di Jawa Timur.
Erzal, M. F., Taslim, & Masdar, A. S. (2015). Analisis Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Itik Lokal Pedaging. 2, 1–12.
Hasanah, L., Suryadi, U., & Widhijanto, Wahjoe. (2017). Analisis Saluran Distribusi dan Margin Pemasaran Telur Itik di Kabupaten Situbondo. 1(1), 25–30.
Hoque, F. (2018). An Analysis Of Farmer ’ S Share In Consumer ’ S Price And Bcr ( Benefit Cost Ratio ) For Some Selected Vegetables In Dhaka District Of Bangladesh. VI(12), 620–632.
Karim dan Reskiati. (2016). Analisis Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Komoditas Ikan Teri (Stolephorus Sp) Olahan di Kabupaten Barru. Volume 7 Nomor 2 Juli-Desember 2016. 7.
Mulyana, S., Suhartono., & Sudomo, A. (2019). Efisiensi Pemasaran Buah Jamblang (Syzygium Cumini (L) Skeels) (Studi Kasus Di Desa Triwidadi , Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta). L, 1–10.
Putri, R. K., Nurmalina, R., Burhanuddin. (2018). Analisis Efisiensi dan Faktor yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran. 109 – 135 MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VIII, No. 1, Feb 2018. VIII(1), 109–135.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudiadnyana, I. K. H. (2015). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditas Anggur di Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak Tahun 2014. 2.
Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian, Cetakan kedua. Malang: UMM Press.
Wirartha, I.M. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Yanis, M. N., Mardiana, S., & Ayu, S. F. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Tempe Kelompok Usaha Kecil Menengah ( UKM ) di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. 11(2), 93–111. https://doi.org/10.31289/agrica.v11i2.1808.g1681
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 155 times