Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Jeruk Siam Thailand Usaha Pak Arfit di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar

  • Ermalinda Agustina Universitas Riau
Keywords: Jeruk Siam Thailand,, kelayakan finansial, usahatani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial dan sensitivitas terhadap perubahan harga input dan tingkat produksi suatu usahatani jeruk siam Thailand usaha Pak Arfit di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah pemilik usaha jeruk siam Thailand yaitu Pak Arfit dengan luas lahan 1,5 ha. Analisis data kriteria investasi yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil penelitian menunjukkan : Usahatani jeruk siam Thailand ini layak dijalankan karena memiliki nilai NPV positif sebesar 1.180.257.090, nilai Net B/C lebih besar dari nol yaitu 5,99 dan nilai IRR lebih besar dari Social Opportunity Cost of Capital (SOCC) yaitu 39,64%. Usahatani jeruk siam Thailand masih layak untuk dijalankan apabila terjadi kenaikan harga pupuk sebesar 35%, dan penurunan produksi 20%

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kurniawan, A.Y. 2005. Analisis kelayakan usahatani jeruk siam (Citrus nobilis Lour) pada lahan kering di Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Jurnal Ziraa’ah, volume 12: 12-17.
[2] Maryati, 2010. Statistika Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi Kedua. AMPYKPN. Yogyakarta
[3] Muchtar, et al. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Kencana. Jakarta.
[4] Rantau, I.K. et al. 2016. Kelayakan finansial usaha perkebunan jeruk siam di Desa Sekaan Kecamatan Kintamani Selatan Kabupaten Bangli. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, volume 5 (4).
[5] Siswipraptini, C.P. et al. 2015. Aplikasi simulasi dan pemodelan menggunakan metode linier trend pada CV.Bina Multi Barokah. Jurnal Ilmiah Fifo, volume 7 (1).
[6] Wiji.2007.Analisis Pengembangan sentra jeruk siam Thailand di Pontianak provinsi Kalimantan Barat. Thesis Program studi Ilmu Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 658 times
PDF downloaded = 620 times