PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK SAYUR ORGANIK DI PASAR MODERN (STUDI KASUS PASAR BUAH PEKANBARU)

  • asgami uniks
Keywords: Analisis logistic binary, Konsumen, sayur organik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, hubungan karakteristik terhadap keputusan pembelian sayuran organic di pasar modern (studi kasus pasar buah pekanbaru).

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang diterapkan adalah teknik wawancara dan observasi atau supervisi langsung pada Pasar Buah Pekanbaru. Pengarahan wawancara serta ketepatan pengumpulan data yang dibutuhkan berpedoman pada daftar pertanyaan terstruktur.

Teknik penetapan sampling lokasi/wilayah dilakukan secara purposive sampling. Cara pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dimana pada saat itu tim langsung ke Pasar Buah Pekanbaru dan mewawancarai konsumen yang ada di pasar dan sedang membeli sayuran dan tidak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis logistic binary.

Hasil yang dari penelitian ini antara lain Jenis kelamin, Perempuan = 98 orang sedangkan responden Laki-laki = 2 orang; Usia, 37-42 tahun = 42 orang, 31-36 tahun = 34; Pendidikan terakhir, SMA = 69 orang, S1 = 29 orang,; Pekerjaan, Ibu Rumah Tangga (IRT) = 73 orang, Karyawan Swasta = 22 orang; Pendapatan, adalah Rp >500.000-1.499.000 yaitu sebanyak 15 orang atau 15%;  pendapatan masyarakat yang terbanyak untuk membeli sayur organic di pasar buah pekanbaru dalam penelitian ini adalah sebesar >Rp. 3.000.000,-, yaitu sebanyak 43 konsumen atau sebesar 43%. Variabel independen yang menjadi faktor yang berpengaruh secara parsial ada 2 variabel independen yang berpengaruh yaitu pendidikan (X2) dan pendapatan (X4). Hal ini terjadi karena nilai sig masing-masing variable lebih kecil dari 0.05%

Kata Kunci : Analisis logistic binary, Konsumen, sayur organik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachriansyah, R. A. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia. (Skripsi) Universitas Diponegoro Semarang.
Bentarjani, F. M. (2013). Analisis Tipe Perilaku Konsumen Sayuran Organik di Pasar Swalayan Kabupaten Sidoarjo. (Skripsi) Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Christine. (2016). Pengaruh Gaya HIdup dan Demografi Terhadap Preferensi Belanja Konsumen di P (Philip Kottler, 2008)asar Beringharjo. (Doctoral Dissertation, Uajay) Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Dama, D. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. (Skripsi) Universitas Sam Ratulangi.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional. (Skripsi) Universitas Sam Ratulangi.
Hartono. (2010). Terjemahan Buku Public Health Nutrition. Jakarta: EGC.
Isdiayanti. (2007). Analisis usahatani sayuran organik di Perusahaan Matahari Farm. (Skirpsi) Institut Pertanian Bogor.
Kotler. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan. Jakarta: Prenhalindo.
------- (2012). principles Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
------- (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.
Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Manurung, N. R. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusa Pembelian Pisang Goreng Kipas Kuantan-II Kota Pekanbaru. (Skripsi) Universitas Lancang Kuning.
Nasution, M. (2004). manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Pelawi, A. V. (2018). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Grosir Sembako UD.PELAWI.(Skripsi) Universitas Sumatera Utara.
Philip Kotler, G. A. (2008). Principles Marketing. Financial Times Prentice Hall.
Pratiwi, A. (2016). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Argosari Wonosari. (Skripsi) Universitas Negeri Yogyakarta.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Kanjuruhan Malang.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Wahyudin. (2018). Pengaruh Presepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi, dan Kualitas Pasar Terhadap Minat Beli KOnsumen di Pasar Pon Purwokerto. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yamato. (2011). Kekurangan dan Kelemahan Pasar Modern dan Pasar Tradisional. Yogyakarta: ANDI.
Zuliani, S. (2005). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusa Berbelanja di Mini Market Sarinah Swalayan Ngalian Semarang. (Skripsi) Universitas Negeri Semarang.
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 919 times
PDF downloaded = 547 times