Analisis Manajemen Rantai Pasok Telur Ayam Ras Petelur di PT Samawa Gemilang Perkasa-NTB

  • Mega Trishuta Pathiassana Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Manajemen Rantai Pasok, Telur, PT Samawa Gemilang Perkasa, Ras Petelur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses manajemen rantai pasok produk telur di PT Samawa Gemilang Perkasa yang dihasilkan dari ayam ras petelur. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif yang menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan partisipasi aktif berupa data mengenai keadaan umum perusahaan, konsumsi pakan, vaksinasi, dan pemberian obat. Sedangkan, data sekunder yang diperoleh meliputi data pasokan bahan baku ayam rasa petelur di PT Samawa Gemilang Perkasa, keadaan umum lokasi penelitian mulai dari sejarah awal berdirinya perusahaan, letak geografis, serta struktur organisasi dan tenaga kerja. Observasi dilakukan melalui kajian-kajian, seperti studi kasus serta melakukan kegiatan secara aktif pada perusahaan dengan melakukan beberapa kegiatan, meliputi kegiatan rutin dan khusus yang ditentukan oleh perusahaan. Lalu, wawancara dilakukan menggunakan daftar pertanyaan kepada manajer peternakan, pekerja lapanga, serta para karyawan secara langsung. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dan diolah secara deskriptif. Dari penelitian ini diketahui bahwa sistem rantai pasok untuk telur ayam rasa petelur di PT Samawa Gemilang Perkasa, meliputi pengadaan bahan baku, hasil produksi, hingga sampai ke konsumen. Rantai pasok pada produk menggunakan pola mandiri, yaitu dijual ke pedagang pengumpul lalu dijual ke pedagang besar di pasar-pasar tradisional. Kemudian, proses rantai berlanjut pada pedangang ecer. Analisis ini penting untuk dilakukan untuk memastikan agar pelanggan mendapat produk dengan jumlah, kualitas, serta waktu yang tepat dan biaya yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2003. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Petelur. Cetakan ke-1. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Anwar, S. 2013. Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management): Konsep dan Hakikat. Semarang.

Brandenburg, M, Rebs, T. 2015. Sustainable supply chain management: a modeling perspective. Ann Oper Res. 229: 213-252.

Chopra, S, dan Meindl, P. 2007. Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operations. Person Prentice Hall, New Jersey.

Cornelia, A., Suada, I. K., Rudyanto, M. D. 2014. Perbedaan Daya Simpan Telur Ayam Ras yang Dicelupkan dan Tanpa Dicelupkan Larutan Kulit Manggis. Indonesia Medicus Veterinus 3(2): 112-119.

Delgado, Rosegrant, M. W., Steinfield, H., Ehui, S., Courbois, C. 1999. Livestock to 2020: the next food revolution. Washington, DC (US): International Food Policy Research Institute.

Delgado, Rosegrant M.W., Meijer S. 2001. Livestock to 2020: the revolution continues [Internet]. International Trade in Livestock Products Symposium; 2001 Jan 18-19, 2001, Auckland, New Zealand. Diakses dari https://ideas.repec.org/s/ags/iatr01.html.

Daryanto, A. 2007. Restrukturisasi Industri Perunggasan melalui Supply Chain Management. Trobos, Mei 2007.

Daryanto, A. 2008. Tantangan dan Peluang Peternakan di Tengah Krisis Global. Trobos, Januari 2009.

Haryono. 2000. Langkah-langkah Teknis Uji Kualitas Telur Konsumsi Ayam Ras Temu Teknis Fungsional non Peneliti. Balai Penelitian Ternak, Bogor.

Haryoto. 2010. Membuat Telur Asin. Kanisius. Yogyakarta.

Idayanti., S., Darmawati, U., Nurullita. 2009. Perbedaan Variasi Lama Simpan Telur Ayam pada Penyimpanan Suhu Almari Es dengan Suhu Kamar terhadap Total Mikroba. Jurnal Kesehatan 1(2): 19-26.

Indrajit, R.E. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: Grasindo.

Koswara, S. 2009. Teknologi Pengolahan Telur. Diakses dari ebookpangan.com.

Muchtadi, T. R, Ayustaningwarno, F., dan Sugiyono. 2010. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.

Pujawan. 2005. Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya.

Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri (Puska Dagri). 2013. Outlook Unggas 2015–2019. Jakarta (ID): Kementerian Perdagangan, Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan, Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri.

Rasyaf. 2001. Manajemen Pemeliharaan Ayam Petelur. Yogyakarta: Kanisius.

Richard. 2006. Manajemen. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Saptana. 2013. Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Komoditas Unggas Lokal. Laporan Akhir Penelitian. Bogor (ID): Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Saptana. 2016. Analisis Produksi Dan Pemasaran Komoditas Broiler Di Jawa Barat. J Manaj Agribis. 14(2):152-154.

Fibrianti, S.M., Suada, I.K., Rudyanto, M. D. 2012.Kualitas Telur Ayam Konsumsi yang Dibersihkan dan Tanpa Dibersihkan Selama Penyimpanan Suhu Kamar Indonesia. Medicus Veterinus 1(3): 408± 416.

Sudaryani dan Santoso. 2001. Pemeliharaan Ayam Ras Petelur di Kandang Baterai. Jakarta: Swadaya.

Sudarmono, A. S. 2003. Pedoman Pemeliharaan Ayam Petelur. Yogyakarta: Kanisius.
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 507 times
PDF downloaded = 727 times