PENGARUH DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN TERHADAP PENDAPATAN ANGGOTA KELOMPOK PADA GAPOKATAN DI KELURAN REJOSARI KECAMATAN TENAYAN RAYA

  • latifa siswati universitas lancang kuning
  • Rini Nizar universitas lancang kuning
  • Mufti Mufti universitas lancang kuning
Keywords: Keywords : PUAP , Gapoktan, pendapatan

Abstract

Penelitian ini mengetahui Pengaruh dana pengembangan usaha agribisnis perdesaan terhadap anggota kelompok pada Gapoktan di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya,tujan program ini untuk mempercepat tumbuh dan berkembangnya usaha agribisnis dengan sasaran untuk mengurangi kemiskinan.

            Metode penelitian adalah survey, sampel diambil secara purposiv yaitu disengaja anggota kelompok petani yang mendapat dana PUAP di Kelurahan Rejosari Kecamatan Kulim. Penelitian ini  dapat memberikan  gambaran bagaimana pengaruh dana PUAP untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan.

Hasil penelitian menumukan jenis usaha yang didanai adalah ushatani,ternak kambing,ternak ayam,dagang,usaha kue. Telah terjadi peningkatan pendapatan sebesar Rp 636,364,- per bulan.

 

Keywords : PUAP , Gapoktan, pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara ,Made. 2010. Sistem Agribisnis .Bahan Ajar Program Magister Agribisnis .Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.Denpasar.

Darius , 2010. Sub Sistem Agribisnis. Tersedia pada http ://agrimaniax blokspot.com 2010/2006/subsistem agribisnis.html.

Departemen Pertanian, 2007. Peraturan Menteri Pertanian . no .273/Kpts/OT.160/4/2007,tanggal 13 April 2007 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok tani dan Gabungan Kelompoktani .Departemen Pertanian.Jakarta.

--------------------------,2008. Petunjuk Teknis Penyaluran Dana BLM –PUAP. Departemen Pertanian .Jakarta.

------------------------,2009. Petunjuk Teknis Verifikasi Dokumen Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan(PUAP) .Jakarta .Departemen Pertanian Presss.

Erna, K.I Ketut Kirya,Ni Nyoman Ylianthini, 2012.Pengaruh Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan Terhadap Pendapatan Anggota Kelompok SIMANTRI.

Hastuti,2008. Pengaruh Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Peningkatan Petani Sayur di Boyolali.

Mariah, 2009. Pengaruh Bantuan Pinjaman Langsung Masyarakat Terhadap Pendapatan dan Efisiensi Usaha Padi Sawah di Kabupaten Penajen Paser.

Suwardjono, 2005. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi 3 .BPFE, Jogyakarta.
Published
2018-03-16
Abstract viewed = 456 times
PDF downloaded = 539 times