ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SEMBILAN KEBUTUHAN BAHAN POKOK (SEMBAKO) PADA PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODEREN DI KOTA PEKANBARU

  • Chezy W M Vermila universitas lancang kuning
Keywords: Keywords : Analisis Kepuasan Konsumen, Konsumen, Kebutuhan, Bahan Pokok

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap atribut mutu Sembilan kebutuhan bahan pokok. Penelitian ini dilaksanakan di Keluruhan Maharatu Kecamatan Marpoyan, Kota Pekanbaru. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang. Metode penelitian yanng digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Important Performance Analysis (IPA), analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian Atribut beras yang masuk kedalam kuadran prioritas utama (I) berdasarkan jenis pasar, untuk pasar tradisional adalah higienitas dan kebersihasan kemasan. Pasar moderen yaitu hargayang ditawarkan. Atribut yang masuk pada kuadran pertahankan prestasi (II) berdasarkan jenis pasar tradisional yaitu harga yang ditawarkan.Sedangkan untuk jenis pasar modern yang masuk pada kuadran II adalah Higienitas dan kebersihan kemasan.

 

Keywords : Analisis Kepuasan Konsumen, Konsumen, Kebutuhan, Bahan Pokok

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gitosudarmo,Indrigo dan Mulyono, Agus, 2001. Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta; BPFE.

Rangkuti, Freddy, 2001. Business Plan; Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus, cetakan 3, Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama

Sukirno, Sadono, 2006. Pengantar Bisnis, Jakarta; Kencana.

Daft, Richard L, 2003. Manajemen, Jakarta; Erlangga,

Kotler, P. dan Amstrong, G. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I (Principles of Marketing 7e). PT. Prenhallindo. Jakarta.
Published
2018-03-16
Abstract viewed = 341 times
PDF downloaded = 0 times