Agribisnis Upaya Peningktan Produksi Kakao ( Theobroma cacao L.) Guna Menunjang Hasil Olahan Rangka Memperbaiki Perekonomian Warga Di Kabupaten Gunung Kidul

  • Kadarwati Budihardjo Institut Pertanian STIPER Yogyakarta
Keywords: Kata kunci: Produktivitas, Pengolahan biji kakao, Pendapatan petani.

Abstract

Dalam upaya memperbaiki perekonomian petani kakao salah satunya dengan cara upaya peningkatan produktivitas Pengolahan biji kakao yang dilakukan warga dukuh gumawang dan nglanggeran kecamatan pathuk, Gunung Kidul selain coklat bubuk, warga juga bekerjasama dengan Dinas dan Lembaga penelitian berinovasi mengolah biji coklat menjadi dodol dan permen coklat. Produk ini dapat dirasa dapat meningkatkan nilai ekonomi dibandingkan jika hanya menjual biji kakao. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pemeliharaan tanaman terhadap produktifitas kakao di dukuh gumawang dan nglanggeran, Gunung Kidul dan Bagaimana pengaruh produktifitas tanaman terhadap peningkatan pendapatan petani kakao dari produk hasil olahannya. .Metode pelaksanaan penelitian dimulai dari survey ke lokasi, melakukan observasi, dan melakukan wawancara kepada ketua kelompok tani. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka variabel pemupukan dan  pemangkasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas, sedangkan variabel naungan dan pembuatan rorak berpengaruh negative tetapi tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altieri, A.A. and C.I. Nicholls. 2004. Biodiversity and Pest Management in Agroecosystems, Food Products Press. New York.
Badan Pusat Statistik.2020. Statistik Kakao Indonesia. BPS-Statistic Indonesia. Jakarta.
Badan Pusat Statistik DIY. 2020. Statistik Kakao Yogyakarta. BPS- Statistic Yogyakarta. Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik Gunung Kidul. 2019. Statistik Kakao Gunung Kidul. BPS-Statistic Gunung Kidul. Yogyakarta.
Daniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Diana Dewi, 2020. Nilai Ekspor Kakao Indonesia Meningkat 37,9 Juta Dolar AS.
https://perkebunan.sariagri.id/56199/nilai-ekspor-kakao-indonesia-meningkat-37-9-juta-dolar-as.
Drs. H. Moh. Pabundu Tika, M. M., 2006, Metodologi Riset Bisnis, Bumi Aksara, Jakarta.
Gambaran Sekilas Industri Kakao, Pusat Data dan Informasi Departemen Perindustrian, https://kemenperin.go.id
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang, Universitas Diponegoro.
Hasibuan, A. M., Nurmalina, R. and Wahyudi, A. (2012). Analisis Kinerja dan Daya Saing Perdagangan Biji Kakao dan Produk Kakao Olahan Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar, 3(1), 57–70. http://dx.doi.org/10.21082/jtidp.v3n1.2012.p57-70.
Karmawati, E., Mahmud, Z., dkk. 2010. Budidaya dan Pasca Panen Kakao. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Bogor.
Kasdi Subagyono dalam Agribisnis, Kakao, P-News, 2020. https://mediaperkebunan.id/indonesia-masih-produsen-kakao-nomor-3-dunia/
Lingga, P. dan Marsono. 2001. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.
May, 2020, Mengenal hasil olahan biji kakao, Jakarta, https://tanilink.com/bacaberita/227/mengenal-hasil-olahan-biji-kakao/
Novizan, 2005.Petunjuk Pemupukan Yang Efektif. Agromedia Pustaka, Jakarta.
Nur Afni Sofia, 2020, Dampak Industri Pengolahan Kakao (Theobroma cacao L.) Terhadap Pendapatan Petani Di Gapoktan “Kumpul Makaryo” Nglanggeran, Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. 2004. Panduan Lengkap Budidaya Kakao. PT Agromedia Pustaka. Jakarta.
Raharto, S. (2016). Institutional Development Model Cocoa Farmers in East Java Province District Blitar. Italian Oral Surgery (pp. 95-102). Elsevier: http://10.1016/j.aaspro.2016.02.131.
Siregar, T.H.S., S. Riyadi dan L. Nurieni, 2003. Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Colat. Penebar Swadaya. Jakarta.
Soekartawi.2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasa Analisis Cobb-Douglas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 250 hal.
Sukirno, Sadono. 2002. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali Press : Jakarta.
Wahyudi t., T. r. Pangabean dan Pujianto. 2008. Panduan Lengkap Kakao : Manajemen Agribisnis Dari Hulu Hingga Hilir, Niaga Swadaya. Jakarta.
Published
2022-12-21
Abstract viewed = 317 times
PDF downloaded = 555 times