RESPON HARGA BERAS TERHADAP PERMINTAAN BERAS RUMAHTANGGA PETANI KELAPA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, PROVINSI RIAU

  • Elinur Elinur Universitas Islam Riau
Keywords: Keyword: Respon harga beras, Permintaan Beras dan Rumahtangga petani kelapa

Abstract

Harga beras sangat menentukan permintaan beras rumahtangga petani kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor dominan yang mempegeruhi permintaan beras dan respon harga beras terhadap permintaan beras rumahtangga petani kelapa. Penelitian ini menggunakan metode survey. Metode pengambilan mengambil sampel secara multi stage random sampling dan jumlah petani sebanyak 40 orang. Analisis data yang digunakan adalah ekonometrika persamaan tunggal dengan metode estimasi Ordinary Least Square (OLS).

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: factor dominan yang mempengaruhi permintaan beras rumahtangga petani kelapa adalah harga beras, harga ubi, pendapatan rumahtangga dan jumlah anggota petani kelapa. Kedua, Respon harga beras dan harga ubi  terhadap permintaan beras rumahtangga petani adalah elastis. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan  harga beras dan harga ubi memberikan perubahan yang besar terhadap perubahan permintaan beras rumahtangga petani kelapa. Hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan stabilisasi harga beras yang perlu dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi kekurangan pangan karbohidrat pada rumahtangga petani kelapa.

Keyword: Respon  harga beras, Permintaan Beras dan Rumahtangga petani kelapa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kabuapaten Indragiri Hilir. 2014. Kabuapaten Indragiri Hilir dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabuapaten Indragiri Hilir, Tembilahan.
Bakce, D; Heriyanto dan Elinur (2012). Dampak Pengendalian Harga dan Peningkatan Pendapatan Terhadap Pengeluaran Konsumsi Pangan Pokok Rumahtangga di Provinsi Riau. Prosiding: Penguatan Agribisnis Perberasan Guna Menwujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Petani. Magister Managemen Agribisnis Universitas Gadjah Mada Bekerja sama dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia.
Elinur dan Asrol. 2015. Dampak Harga Beras Terhadap Konsumsi Beras Rumahtangga Petani Kelapa Sawit di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Indonesian Journal of Agriculture Economics 6 (1): 1-11.
Thomas, R.L1997. Modern Microeconomics an Introduction. Addison Wesley Longman, Harlow.
Sugiarto, Tedy Herlambang, Brastoro, Rahmat Sudjana dan Said Kelana, 2010. Ekonomi Mikro: Sebuah Kajian Komprhensih. Edisi Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Verbeek, M., KU Leuven, and Tilburg University, 2000. A Guide to Modern Econometrics. John Wiley & sons Ltf., Chichester.
Published
2018-03-17
Abstract viewed = 357 times
PDF downloaded = 521 times