HUBUNGAN TEKNOLOGI ALSINTAN TERHADAP PRODUKTVITAS PADI SAWAH DI DESA SUNGAI PURI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO

  • Pitriani Pitriani
  • Fauzan
  • Fikriman
Keywords: Kata Kunci : Alsintan, Produktivitas Padi Sawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan teknologi Alsintan dengan produktivitas padi sawah dan untuk mengetahui perbedaan produktivitas padi sawah antara petani yang menggunakan Alsintan dan petani yang tidak menggunakan Alsintan di Desa Sungai Puri Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo.

            Metode penarikan sampel dengan menggunakan metode Porposive dengan jumlah sampel petani yang menggunakan Alsintan sebanyak 22 yang diambil dari anggota kelompok tani dan 23 sampel yang diambil dari petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani. Analisis data menggunakan analisis Statistik kerelasi Rank Spearman yaitu untuk melihat hubungan teknologi Alsintan terhadap produktivitas Padi Sawah dan Uji t untuk melihat perbandingan produktivitas padi sawah antara petani yang menggunakan Alsintan dan petani yang tidak menggunakan Alsintan. Penelitian ini dilaksanakan Pada Tanggal 5 Januari 2019 sampai Tanggal 30 Januari 2019.

            Hasil penelitian menunjukan Secara umum (keseluruhan) penggunaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Desa Sungai Puri Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo, berhubungan nyata terhadap produktivitas padi sawah dengan nilai t hitung (6,439) > dari t tabel (2,069) dan nilai (rs) sebesar 0,82, Alsintan combin hasvester (mesin panen) merupakan Alsintan yang paling kuat hubungannya terhadap terhadap produktivitas padi sawah yaitu nilai (rs) sebesar 0,837, dan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan produktivitas padi sawah antara petani yang menggunakan Alsintan dengan petani yang tidak menggunakan Alsintan dengan nilai t hitung (13.012) > t tabel (2,017) dengan produktivitas padi sawah petani yang menggunakan Alsintan sebanyak 6,72 ton GKG/Ha sedangkan produktivitas padi yang tidak menggunakan Alsintan masih 4,50 ton GKG/Ha

Downloads

Download data is not yet available.

References

AAK. 1990. Budidaya Tanaman Padi. Kanisus. Yogyakarta.

BPS. 2015. Jambi Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.
Harris dan Lambert. 1990. Mesin dan Peralatan Usaha Tani. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Mahdalena. 2007. Hubungan Antara Pengetahuan dan Kepercayaan petani dengan Tingkat Penerapan Teknologi Panen dan Pasca Panen Padi Sawah Di Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo. Universitas Jambi. Jambi.

Nugraha, S.2012. Inovasi Teknologi Pasca Panen Untuk Mengurangi Susut Hasil Dan mempertahankan mutu gabah beras di tingkat petani teknologi Alsintan, 50 – 62.

Riduwan dan Akidon. 2009. Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistik untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Siegel, S. 1997. Statistik Non Parametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Usman, Husaini, dan Setiady, P. 2008. Pengantar Statistik Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
Yusmel, M. R., Afrianto, E., & Fikriman, F. (2019). Faktor-faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Keberhasilan Produktivitas Petani Padi Sawah di Desa Seling Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 3(1).
Published
2021-06-30
Abstract viewed = 96 times
PDF downloaded = 147 times