PERSEPSI KONSUMEN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

  • asgami uniks
  • Hamdan Yasid Universitas Lancang Kuning
  • Khairunnas Khairunnas Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analisis logistic binary, Konsumen, beras

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk beras di kecamata bukit raya.

Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling dimana lokasinya dipilih sengaja. Untuk penentuan sampel peneliti menggunakan metode pengambilan sampel accidental sampling yaitu dimana semua konsumen yang mengkonsumsi beras berhak menjadi sampel dalam penelitian dengan jumlah responden sebesar 100 orang. Analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis binary logistic, dimana untuk mengetahu persepsi konsumen beras terhadap produk yang telah mereka konsumsi.

Jenis beras unggul lokal yang banyak dikonsumsi oleh responden adalah jenis beras anak daro dan beras belida, sedangkan beras unggul nasional yang banyak dikonsumsi adalah kuriak kusuik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian beras dengan tingkat kepercayaan 95% adalah variabel usia (X1), suku (X4), pekerjaan (X5).

Kata Kunci : Analisis logistic binary, Konsumen, beras

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agresti,A. 2002. Categorical Data Analysis. Wiley Interscience. New York.

Amang, B. dan M. H. Sawit.1999. Kebijakan Beras dan Pangan Nasional.Penerbit Institut pertanian Bogor, Bogor

Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran : Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.

Ariani, M. 2004. Dinamika Konsumsi Beras Rumah Tangga dan Kaitannya dengan Diversifikasi Konsumsi Pangan, Ekonomi Padi dan Beras Indonesia Badan Penelitian dan Pembangunan Pertanian,Jakarta

Astawan, Made, 2004. Sehat Bersama Aneka Serat Pangan Alami. Cetakan I. Penerbit TigaSerangkai, Solo.

BPS, 2013. Kota Pekanbaru Dalam Angka.http://www.bps.com.
------------. Kecamatan Pekanbaru Dalam Angka.http://www.bps.com

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). 2011. Beras Unggul Lokal Sumatera Barat. http://[email protected].

Departemen Pertanian, 2011. Varietas Padi Unggul. http://www.deptan.go.id.

Ismunadji, M. 1988. Padi Buku I. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor

Engel J. F., dkk. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid II. Edisi keenam, Binarupa Aksara, Jakarta.

--------------------. 1995. Consumen Behavior. Binarupa Aksara. Jakarta.

Freddy Rangkuti, 2004, Riset Pemasaran. Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Giese, J l and JA Cote. 2000. Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review.

Haryadi, 2006. Teknologi Pengolahan Beras. UGM. Gajah Mada Univerity Perss, Yogyakarta

Hubeis, M. 1985. Pengembangan Merode Uji Kepulenan Nasi. Tesis. Program
Ilmu Pangan, Fakultas Pasca Sarjana, IPB. Bogor.

Hosmer dan Lemeshow, 1989. Applied Logistic Regression. A-Wiley interscience Publication. Kanada.

Juliano, B O. 1994. Cereal Chemistry Procedures. Chemistry Dept of Interntional Rice Research Institute.Los Banos, Philippines (terjemahan)

Juran, J.M. 1989. JURAN on Quality Design. The Free Press, A. Division of
Macmillen Company, Inc (USA). (terjmahan)

Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Kegunaan. Salemba Empat. Jakarta

-------------. 1996. Marketing. Pernerbit Erlangga. Jakarta

-------------. 1997, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), PT. Prenhallindo, Jakarta.

-------------.2000. Marketing Management. (The Millenium Edition). Northwestern
University. Prentice Hall International, New Jersey.

Luning, P.A., Marcelis W.J., dan Jongen W.M.F. 2002. Food Quality Management : A Techno-Managerial Approach, Wageningen Pers, Den Haag

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Muhandri, T. dan Kadarisman, D. 2006. Sistem Jaminan Mutu Industri Pangan.
IPB Press, Bogor.

Nasution. (2004). Metode Research.Bumi Aksara. Jakarta

------------------. 2005, “Total Quality Management”, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Peter, C, Timmer, 1996. Food Secuirity Strategies. Rome. (terjemahan)

Oliver, R L. 1996. Satisfaction : A Behavioural Prespective of the Consumer. New York.(terjemahan)

Sawit, M. H.1998. Risiko Ketahanan Pangan dalam Masa Krisis. HarianRepublika, 20 Juli 1998: hal. 4.

Selamet, R. 2003. Analisis Proses Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Beras
dan Strategi Pemsaran Beras. Skripsi. Program Studi Agribisnis Jurusan
Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian IPB, Bogor


Setyono, A. Januari 2001. Karakteristik Beras dan Kesesuaiannya Sebagai Bahan
Baku Industri. Majalah Pangan No.36 : Tahun X, Bulog, Jakarta

Simamora, Bilson, 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soegyarto, Mangkuatmadja. 2004. Statistik Lanjutan. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta.

Soelasih, Y. 2004. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Hotel X di Jakarta (Telaah Bisnis, Vol 4 No 2 Desember 2003) Telaah Bisnis. Yogyakarta.

Steenkamp, J.E.B.M. 1990. A Conceptual Model of the Quality Perception
Process. Journal of Business Research, 21, No. 309-333. (terjemahan)

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Ghalia Indonesia dan MMA IPB, Jakarta.

Sunarto. 2006. Perilaku Konsumen, Amus, Yogyakarta

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wilkie, Wiliam L. 2000. Consumer Behavior. New York. (terjemahan)
Published
2021-01-03
Abstract viewed = 231 times
PDF downloaded = 400 times