ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP ATRIBUT HASIL PENGGILINGAN DAGING (Studi Kasus Kelompok Sumber Rejeki, Kabupaten Seruyan)

  • Eko Saputra Universitas Darwan Ali, Kalimantan Tengah
Keywords: Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, Pelanggan, Penggilingan Daging.

Abstract

Bertempat di Kabupaten Seruya nusa hamikro yang bergerak di subsector peternakan merupakan salah satu cabang dari sector pertanian. Salah satunya adalah industry pengolahan daging Penggilingan Daging Kelompok Sumber Rejeki, yang seiring waktu menghadapi persaingan. Sehingga harus memberikan pelayanan yang lebih baik. Tujuan untuk menganalisis karakteristik pelanggan, menganalisis kepuasan dan loyalitas pelanggan. Menentukan kepuasan pelanggan digunakan IPA dan CSI. IPA untuk membandingkan antara penilaian pelanggan terhadap tingkat kepentingan, dari kualitas pelayanan dengan tingkat kinerja kualitas pelayanan. CSI digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh. Menentukan loyalitas pelanggan dinilai berdasarkan kriteria faktor harga, kebiasaan, mendapatkan kepuasan, benar-benarmenyukai, menyarankan kepada orang lain. Karakteristik pelanggan: umur 25-35 tahun, jumlah anggota keluarga 4 orang, sudah menikah, laki-laki, pendidikan terakhir SMA/SMK, pendapatan Rp.500.001-Rp.1.500.000, intensitas penggunaan jasa 11-20 kali dalam sebulan, pekerjaan wiraswasta/pengusaha. Berdasarkan IPA atribut yang diteliti masuk ke dalam empat kuadran. Kuadran I warna dan rasa daging. Kuadran II harga jual jasa, kecepatan, keramahan, kesopanan, tekstur dan kebersihan daging. Kuadran III kerapian. Kuadran IV aroma daging. Berdasarkan CSI pelanggan sangat puas, hal ini terlihat dari nilai CSI sebesar 0,85. Pelanggan sudah loyal karena mayoritas pelanggan (76,67%) telah merekomendasikan kepada orang lain.

 

Kata kunci: Kepuasan, Loyalitas, Pelanggan, Penggilingan Daging.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan. 2016. Data Produksi dan Pemasaran Usaha Penggilingan Daging di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.
Riandinia, Oktaviani, Wahyu. 2006. Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro. Jurnal Agro. 24. (1). 41-56.
Published
2018-03-21
Abstract viewed = 357 times
PDF downloaded = 719 times