FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN IKAN PATIN DI PASAR KODIM KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU

  • zargustin dedi universitas lancag kuning
  • Asgami Putri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perilaku Konsumen, Ikan Patin, Analisis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru dan mengetahui variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam  membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru.

 Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) , yaitu di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan prengkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution) 22

Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Ketiga faktor tersebut adalah faktor harga menjelaskan data sebesar 25,11% varians ke-10 variabel, Faktor tempat menjelaskan data sebesar 14,123% varians ke-10 variabel dan Faktor produk menjelaskan data sebesar 12,687% varians ke-10 variabel. Sementara ini variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru pada masing-masing faktor adalah variabel harga ikan patin pada faktor harga, variabel jarak pasar pada faktor tempat dan variabel kandungan gizi pada faktor produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2019. Survey Rata-Rata Pengeluaran Rumah Tangga. BPS Pekanbaru.

Dharmmesta, Basu Swasta dan Handoko, Hani. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Pertama. Yogyakarta: BPEE.

Hair, Joseph. F, Rolp.E. Anderson, Ronald L. Tathan dan William. 1998. Multivariate Data Analysis Fifth Edition. New Jersey: Prentice-Hall Internasional, Inc.

Hernowo. 2001. Pembenihan Patin Skala Kecil Dan Besar, Solusi Permasalahan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kordi, M.G.H. 2005. Budidaya Ikan Patin : Biologi, Pembenihan Dan Pembesaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip and kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey. Pearson Pretice Hall.Inc.

Mutiara Nugraheni. 2013. Pengetahuan Bahan Pangan Hewani. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nenny Rapita Manurung. 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pisang Goreng Kipas Kuantan-II Kota Pekanbaru.

P.Wiryomartono, Bagoes. 1995. Seni Bangunan Dan Seni Bina Kota Di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Puspitasari, Irma Diana. 2008. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Lele Di Pasar Tradisional Kota Surakarta.”

Rani. 2014. “India : Institute Of Law Kuruksherta.” International Journal or Current Research and Academic Review : Factors Influencing Consumer Behavior.

Santoso, Singgih. 2004. SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: Komputindo, PT.Elex Media.

Senapelan, Kecamatan. 2019. Kecamatan Senapelan Dalam Angka 2019. Pekanbaru.

Stanton, William J. 2013. “Prinsip Pemasaran.” In Alih Bahasa Oleh Buchari Alma, Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. ed. Andi. Yogyakarta.

Sumampouw, Harry J, and Sofia A P Sambul. 2016. “Keputusan Pembelian Kendaraan Roda Dua Honda Nurul Hidayah a Rahman Jurnal Administrasi Bisnis 2016 Jurnal Administrasi Bisnis 2016.” Journal Ekonomi Dan Perbanlan Syari’Ah (3): 1–11.

Supratno.J. 2004. Analisis Multivariat : Arti Dan Interpretasi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suryani. 2003. Perilaku Konsumen. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutriyati. 2004. “Teknik Pengolahan Ikan Laut.” Inotek 8(2).

Wiratmanto. 2014. Analisis Faktor Dan Penerapannya Dalam Mengidentifikasi Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Penjualan Media Pembelajaran, Studi Kasus : Media Pembelajaran Solusi Belajar Elektronik (SONIK), Produksi : PT. Solusi Ajitech Persada Yo.
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 980 times
PDF downloaded = 1325 times