Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Teka-Teki Silang Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Rendahnya kreatifitas guru sekolah dasat dalam pembelajaran matematika menjadi dasar dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan pembuatan teka-teki silang sebagai sarana pembelajaran matematika dan peningkatan kreativitas guru sekolah dasar. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 52 guru dan kepala sekolah. Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi dan feedback. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan teka-teki silang matematika bagi guru sekolah dasar dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran, kemampuan mereka dalam pemahaman topik matematika, dan memberikan pengalaman pembelajaran yang positif. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi peningkatan kemampuan professional guru sekolah dasar.
Downloads
References
Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 2017, 125–134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691
Hasan Baharun. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34–46.
Kumar, S. (2017). Use of crossword puzzle as a teaching aid to facilitate active learning in dental materials Medical Science Use of crossword puzzle as a teaching aid to facilitate active learning in dental materials. Indian Journal of Applied Research, 4(5), 7–9.
Kusmaryono, I., & Abdul Basir, M. (2022). Workshop penulisan artikel ilmiah sebagai pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di sekolah menengah atas. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 254–260. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.9341
Kusmaryono, I., Ubaidah, N., & Basir, M. A. (2022). It doesn’t mean that students don’t have mathematics anxiety: A case study of mathematics learning with path analysis. European Journal of Educational Research, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.3.1683
Lestari, Y., & sb, Nugraheti, S. (2018). Development of crossword puzzles as teaching tools in explanatory texts learning. Elementary School Teacher, 3(1), 75–82. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/est/article/view/16801
Mshayisa, V. V. (2020). Students’ perceptions of Plickers and crossword puzzles in undergraduate studies. Journal of Food Science Education, 19(2), 49–58. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12179
Muhtarom, Nizaruddin, & Sugiyanti. (2016). Pengembangan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran matematika di SMP. Pythagoras, 5(1), 20–31.
Pratama, R. A. (2018). Transformation geometry learning by crossword puzzle model. Variabel, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26737/var.v1i1.512
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Septiana, V. W., & Mahmud. (2021). Crossword puzzle as a learning media during the covid-19 pandemic: HOTS, MOTS or LOTS? Journal of Physics: Conference Series, 1933(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1933/1/012126
Shah, S., Lynch, L. M. J., & Macias-Moriarity, L. Z. (2010). Crossword puzzles as a tool to enhance learning about anti-ulcer agents. American Journal of Pharmaceutical Education, 74(7), 1–5. https://doi.org/10.5688/aj7407117
Stewart, D. W., Brown, S. D., Clavier, C. W., & Wyatt, J. (2011). Active-learning processes used in us pharmacy education. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(4), 1–6. https://doi.org/10.5688/ajpe75468
Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008