Ibm SURVEY PEMETAAN BADAN JALAN SEKTOR SELATAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU

  • Fadrizal Lubis Universitas Lancang Kuning
Keywords: Trase Jalan, Garis kountur, Volume timbunan.

Abstract

Dalam  melaksanakan suatu pembangunan, perlu didasarkan pada arah dan tujuan yang jelas, sehingga hasil  yang dicapai dapat lebih optimal. Jumlah mahasiswa, karyawan dan dosen setiap tahunnya menunjukkan peningkatan, hal ini tentu membutuhkan fasilitas pendukung baik sarana maupun prasarananya. Dengan demikian keberadaan Universitas Lancang Kuning ditengah-tengah masyarakat benar-benar dapat dirasakan. Sarana yang terpenting dalam kegiatan ini adalah tersedianya infrastruktur jalan atau akses keluar-masuk pada sektor selatan, untuk menyediakan jalan tersebut perlu dilakukan pengukuran terhadap letak, bentuk, elevasi dan bentang jalan yang akan direncanakan.

Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain dimulai dari persiapan administrasi, survey awal pelaksanaan, pengambilan data ukur secara langsung dilapangan, sehingga menghasilkan produk berupa gambar topografi yang dapat dimanfaatakan oleh pihak Universitas Lancang Kuning dalam melakukan perencanaan trase jalan disektor selatan berikutnya.

 Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini bagi mitra kerja adalah  mendapatkan informasi seperti data ukur, garis kountur (topografi)  serta besaran volume timbunan badan jalan yang berada pada Sta 0+075 sampai dengan Sta 0+525 dan panjang jalan yang diukur adalah  707 meter dengan lebar 4,5 meter, dari data ini  jika mitra kerja mau merencanakan atau mengembangkan jalan tersebut menjadi lebar badan jalan 7 meter, bahu jalan 1 meter dan drainase antara 0,6-0,8 meter sudah dapat dilakukan, disamping itu bagi peserta pelaksana kegiatan ini baik dosen maupun mahasiswa dapat menerapkan ilmu khsususnya pada bidang pengukuran atau survey pemetaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwiyono.NS, 1995, Teknik membaca peta dan kompas, Angkasa, Bandung
Abidin.HZ,dkk, 2002, Survey dengan GPS, Pradnya Paramita, Jakarta.
Abidin.HZ, 2007, Penentuan posisi dengan GPS dan aplikasinya, Pradnya Paramita, Jakarta.
Basuki,S, 2006, Ilmu Ukur Tanah, UGM Press, Yogyakarta
Basuki,S, 2011, Ilmu Ukur Tanah (edisi revisi), UGM Press, Yogyakarta
Hidayat.A, dkk, Januari 2014, Survey bathimetri untuk pengecekan perairan wilayah Kendal, Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro.
Irvine.W, 1995, Penyigian untuk konstruksi, ITB, Bandung.
Lestari.ES, dkk, Januari 2014, Pembuatan program perataan parameter jarring polygon dengan menggunakan Visual Basic For Application (VBA) Microsoft Exel, Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro.
Muslim.FH, dkk, Januari 2017, Verifikasi letak segmen batas indikatif berdasarkan aspek teknik dan non-teknis (Studi kasus : Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang), Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro
Putri.KM, dkk, Januari 2017, Pembuatan peta wisata digital 3 domensi obyek wisata Brown Canyon secara interaktif dengan menggunakan wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro.
Rahmawan.LE,dkk, Oktober 2016, Survey pemantauan deformasi muka tanah kawasan pesisir menggunakan metode pengukuran GPS di Kabupaten Demak tahun 2016 (Studi Kasus : Pesisir Kecamatan Sayung, Demak), Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro
Subagio, 2003, Pengetahuan peta, ITB, Bandung
Yusuf.MA, dkk, Oktober 2015, Pengamatan GPS untuk monitoring deformasi Bendungan Undip, Jurnal Geodesi Universitas Diponegoro
Published
2018-06-26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>