KARAKTERISTIK KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN YOS SUDARSO RUMBAI KOTA PEKANBARU

  • Winayati Winayati Universitas Lancang Kuning
  • Fadrizal Lubis Universitas Lancang Kuning
Keywords: Karakteristik, kecelakaan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakterisitik kejadian kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Yos Sudarso kota Pekanbaru,dengan melihat titik-titik rawan kecelakaan black spot dan black site, kejadian kecelakaan accident rate berdasarkan black spot dan black site , kecelakaan berdasarkan waktu kejadian, jenis kendaraan, jenis korban serta faktor penyebab terjadinya kecelakaan terbesar dari beberapa variabel terpilih dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi angka  kecelakaan.    

          Karakteristik kecelakaan black spot pada Jalan Yos Sudarso ada 4 ruas,  ruas yang paling ekstrim adalah Simpang Mesjid Muslimin (Samping gerbang Cevron) – Simpang Mesjid Al-Ihsan (sepanjang 5 km) dengan total kejadian kecelakaan sebanyak 38-40 kejadian kecelakaan dalam 6 tahun dan tingkat kecelakaan (Accident Rate) sebesar 2,90 kecelakaan. Sedangkan ruas jalan yang dikategorikan black site ada 2 yang terendah adalah pada ruas Simpang Stadion Rumbai – Simpang Jalan Arengka II, sepanjang  4,4 km dengan total kejadian kecelakaan sebanyak 8 kecelakaan dalam 6 tahun dan tingkat kecelakaan (Accident Rate) sebesar 0,146 kecelakaan/km. Kecelakaan berdasarkan waktu terjadinya Pagi hari jam 07.00-11.00 46 kejadian, Kecelakaaan berdasarkan jenis kendaraan yang bertabrakan Sepeda motor VS sepeda motor 52 kecelakaan Dlm 6 th, Kecelakaan berdasarkan jenis korban Kecelakaan dlm 6 th, 181 kejadian.Penyebab terjadinya kecelakaan  dianalisis dengan menggunakan model analisa regresi linier berganda dengan uji korelasi antara kejadian kecelakaan dengan fariabel bebas antara lain jumlah penduduk, jumlah kendaraan dan jumlah sepeda motor. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan didapat persamaan regresinya                                                          y =  -75,0727124+8,6027x10-10  x +0,001461665  x+ -0,00153957 x

     Berdasarkan hasil analisa korelasi, maka pada Jalan Yos Sudarso Kota Pekanbaru didapat hubungan antara  kecelakaan dengan jumlah penduduk  2,89 %, kecelakaan disebabkan oleh jumlah kendaraan,0,00075% dan kecelakaan disebabkan oleh jumlah sepeda motor   7,40 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia.(MKJI) No. 036/T/BM/1997.
Departemen Perhubungan, 1997, Undang-Undang Lalu Lintas, Reneka Cipta, Jakarta
Walpole E.R., 1995, Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insyinyur dan Ilmuwan, ITB, Bandung, Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu lintas Jalan.
Pignataro, 1973, Traffic Engineering Practice Ethical in England Cliffs, New Jersey, USA
Sudjana, 1989, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Sukirman S., 1994, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.
Supranto, 2008, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.
Warpani S., 1985, Pengelolaan Lalu-Lintas Dan Angkutan Jalan, ITB, Bandung.
Directorate General Bina Marga, 1997, Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM), P.T Bina karya (Persero) .
Khisty C.J. dan Lall B.K., 2003, Dasar- dasar Rekayasa Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Ofyar Z.T., 2008, Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, ITB Bandung.
Published
2015-04-01
How to Cite
Winayati, W., & Lubis, F. (2015). KARAKTERISTIK KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN YOS SUDARSO RUMBAI KOTA PEKANBARU. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 1(1). https://doi.org/10.31849/siklus.v1i1.126
Section
Articles
Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 104 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>