ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN SIKAMENT-NN TERHADAP KARAKTERISTIK BETON

  • Shanti Wahyuni Megasari Universitas Lancang Kuning
  • Winayati Winayati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Anova, Beton, Kuat Tekan, Pengaruh, Sikament-VZ

Abstract

Beton ready mix merupakan solusi dalam pengadukan beton dengan kapasitas besar, namun penggunaan beton ready mix di lapangan sering mengalami beberapa kendala terkait waktu perjalanan ke lokasi yang tidak lancar dan kebutuhan akan mempercepat pengerasan beton setelah dituang. Untuk mengatasi masalah tersebut, kemajuan teknologi beton telah menghasilkan bahan tambah (admixture) yang dapat membantu dalam menjaga kualitas dan kelecakan (workabilty) beton. Salah satu produk keluaran dari PT. Sika Indonesia adalah Sikament-NN. Sikament-NN merupakan superplasticizer untuk membantu menghasilkan kekuatan awal dan kekuatan akhir tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh variasi persentase bahan tambah Sikament-NN terhadap karakteristik kuat tekan beton. Perancangan beton menggunakan metode Department of Environment (DOE) dengan cetakan sampel berbentuk silinder ukuran diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Persentase penambahan Sikament-NN sebanyak 0%, 0,3%, 0,8%, 1,3%, 1,8%, 2,3%. Pengujian kuat tekan beton dilaksanakan pada umur 28 hari. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecenderungan (trend) grafik kuat tekan rata-rata mengalami peningkatan dengan penambahan persentase Sikament-NN sebesar 1,3% dan 1,8%. Persamaan yang dihasilkan dari kuat tekan rata-rata adalah y = -0,551x2 + 6,791x + 23,81. Nilai kuat tekan rata-rata tertinggi diperoleh pada penambahan 1,8% Sikament-NN yaitu sebesar 38,65 MPa. Pengujian statistik dengan menggunakan analisis varians (Analysis of Variance - ANOVA) menyatakan bahwa terdapat interaksi atau perlakuan yang sangat nyata antara kuat tekan beton dengan penambahan Sikament-NN. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Sikament-NN berpengaruh terhadap peningkatan karakteristik kuat tekan beton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti S., Nadia, 2012, Analisis Pengaruh Beton dengan Bahan Admixture Naphtalene dan Polycarboxilate Terhadap Kuat Tekan Beton Normal, Jurnal Konstruksia, Volume 3 Nomor 2, April 2012 : 33 – 40.
Nugraha P., Antoni, 2007, Teknologi Beton, Andi Offset, Yogyakarta.
PT. Sika Indonesia, 2011, Data Teknis Know-How From Site To Shelf.
Ramadhani K.C., Yanti G., Winayati, 2016, Analisis Kuat Tekan Beton Terhadap Variasi Persentase Bahan Tambah Sikament NN, Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.
Yitnosumarto S., 1991, Percobaan Perancangan, Analisis Dan Interprestasinya, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2017-10-02
How to Cite
Megasari, S. W., & Winayati, W. (2017). ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN SIKAMENT-NN TERHADAP KARAKTERISTIK BETON. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 117-128. https://doi.org/10.31849/siklus.v3i2.398
Section
Articles
Abstract viewed = 2841 times
PDF downloaded = 2710 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>