PEMBERDAYAAN ISTRI NELAYAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING STRATEGY (DMS) DARAH BIRU

  • Nisaul Azizah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Erly Rofianti Wahyudi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khoirrun Nissa rogram Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Amelia Fibrianti Wahyudi rogram Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Khoiruli Ummah rogram Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: horseshoe, blue blood, fisherman's wife training

Abstract

Istri nelayan merupakan salah satu masyarakat nonproduktif ditinjau dari kemandirian dalam mendapatkan penghasilan. Darah biru merupakan salah satu komponen pada kepiting tapal kuda yang sangat melimpah di Desa Mayangan. Biasanya, kepiting diolah sebagai masakan dengan proses pembuangan darah biru. Darah biru merupakan salah satu bahan baku obat sehingga diperlukan di bidang farmasi. Pemanfaatan darah biru ini perlu diberikan kepada mitra dan dipasarkan sehingga dapat memberikan penghasilan bagi istri nelayan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan istri nelayan agar menjadi masyarakat mandiri dengan memproduksi ekstrak darah biru dan memasarkannya melalui sarana digital. Metode pelaksanaan pelatihan diawali dari sosialisasi, pembentukan kader, strategi pengemasan produk, pembuatan akun e-commerce, strategi pemasaran, strategi pembukuan keuangan, dan evaluasi pemasaran digital. Sasaran pelatihan yaitu lima orang istri nelayan di Desa Mayangan yang tidak mempunyai pekerjaan. Hasil kegiatan ini yaitu adanya kemandirian masyarakat yang ditinjau dari adanya penghasilan yang diperoleh melalui strategi pemasaran darah biru. Penggunaan e-commerce sebagai sarana pemasaran digital dikelola dengan baik sehingga mampu menambah skill mitra di bidang komputasi. Mitra telah mempunyai pembukuan keuangan. Pengkaderan yang dilakukan bertujuan untuk keberlangsungan produksi dan pemasaran darah biru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Rini, “Peran nelayan perempuan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir di desa tompotana kabupaten takalar sulawesi selatan,” Info Tek. EBON, vol. 15, no. 2, pp. 79–90, 2018.

W. Handoko, S. Marwah, and R. Ardhanariswari, “Pembentukan Model Pemberdayaan Perempuan Nelayan di Daerah Tertinggal The Establishment of Empowerment Model of Fish Monger Woman in Underdeveloped Village,” no. 107.

S. Suharto, “Karakteristik Darah Mimi ( Limulus sp ) sebagai Pendeteksi Bakteri Kontaminan Penghasil Endotoksin pada Produk Perikanan,” vol. 7, no. 1, pp. 9–14, 2018.

L. Meilana, Y. Wardiatno, N. A Butet, and M. Krisanti, MORPHOLOGICAL CHARACTER AND MOLECULAR IDENTIFICATION WITH COI GENE MARKER OF HORSESHOE CRABS (Tachypleus gigas) AT COASTAL WATERS OF NORTHERN JAVA ISLAND, vol. 8. 2016.

Y. van Bergen, BLUE BLOODS: HOW A CRAB MAKES ITS SHELL, vol. 208. 2005.

S. Nanda and P. K. Das, “Medicinal Efficacy of Rose Plant : A Mini Review,” vol. 3, no. 10, pp. 23–26, 2015.

P. Gisler and M. Michael, “Companions at a Distance : Technoscience , Blood , and the Horseshoe Crab,” vol. 19, pp. 115–136, 2011.

K. B. Ma, T. P. Ma, J. A. Ms, M. L. S. A. Cm, and B. W. Ms, “Illustrations for Health Assessment Techniques of the Atlantic Horseshoe Crab , Limulus polyphemus,” p. 2, 2012.

T. Maloney, R. Phelan, and N. Simmons, “Saving the horseshoe crab: A synthetic alternative to horseshoe crab blood for endotoxin detection,” PLOS Biol., vol. 16, no. 10, p. e2006607, Oct. 2018.

R. Rizki, A. Putra, W. S. Wardhono, and M. A. Akbar, “Pengembangan Permainan Trading Card Augmented Reality Bertema Perang Baratayuda,” vol. 2, no. 10, 2018.

A. Wardhana, “STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN,” no. August, 2018.

T. Pradiani, V. Penjualan, and S. Malang, “TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL,” vol. 11, pp. 46–53, 2017.

K. A.- Kattar et al., “Pelatihan Teknik Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk Pelatihan Teknik Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk pada Konveksi Kerudung ‘ Al- Kattar ’ Di Kelurahan Merjosari , Malang,” no. October, 2018.

M. Novita, “Sarana dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam,” NUR EL-ISLAM J. Pendidik. dan Sos. Keagamaan, vol. 4, no. 2, pp. 97–129, 2017.

Published
2019-06-28
How to Cite
Azizah, N., Erly Rofianti Wahyudi, Khoirrun Nissa, Amelia Fibrianti Wahyudi, & Siti Khoiruli Ummah. (2019). PEMBERDAYAAN ISTRI NELAYAN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING STRATEGY (DMS) DARAH BIRU . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 131-141. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
Abstract viewed = 1156 times
PDF downloaded = 2776 times