PKMS PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENUJU WIRAUSAHA BAGI PEMUDA RT.03 RW.04 KELURAHAN UMBAN SARI

  • Yenny Desnelita Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia
  • Gustientiedina Gustientiedina Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia
  • Wilda Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia
  • Dewi Nasien Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia
  • Ramalia Noratama Putri Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia
Keywords: Life skill, keterampilan desain grafis, pemuda-pemudi, advertising

Abstract

Perkembangan aplikasi di bidang teknologi informasi mempunyai dampak besar di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dibidang industri kreatif seperti advertising, reklame, desain grafis dan pengolahan gambar digital.  Salah satu menunjang keterampilan bagi pemuda-pemudi RT 03 RW 04 Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.  Dilakukan pelatihan life skill yang berupa perancangan desain grafis untuk advertising dan reklame. Metode pengabdian ini berupa pelatihan keterampilan desain grafis yang menggunakan computer dan memakai software CorelDraw dan Photoshop. Kegiatan PKMS ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda dalam meningkatkan kualitas kemampuan dalam membuat desain grafis yang menarik sehingga peserta dapat bersaing untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan lapangan kerja dan juga menuju wirausaha. Dari 15 peserta 11 orang diantaranya berhasil membuat dan menyelesaikan mendesain produk untuk kebutuhan  advertising atau bidang percetakan. Hasil kegiatan pelatihan keterampilan desain grafis menunjukan peserta bisa merancang logo, kartu nama, undangan, famplet, banner, spanduk dan bentuk advertising lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Adityawan. S. A, Tinjauan Desain Grafis. PT. Concept Media, Jakarta. 2010.
[2] Dameria. A, Panduan Dasar Warna Untuk Desain. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2014.
[3] I. Afriliana and E. Budihartono, “Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal,” J. Abdimas PHB, vol. 1, no. 1, pp. 55–61, 2018.
[4] Ernawati, “Batik Design Training Sebagai Upaya Pembekalan Soft Skill Di Bidang Desain Grafis Terhadap Siswa-Siswi Smk Negeri 5 Kota,” J. Rekursif, vol. 3, no. 1, pp. 54–60, 2015.
[5] D. Tri, R. Graha, B. S. Waloejo, and A. D. Wicaksono, “Perencanaan strategis industri kreatif sektor desain grafis kota malang aktor pemerintah dinas perindustrian,” vol. 8, no. 0341, 2016.
[6] A. Fuad, T. M. Darajat, F. Desain, K. Universitas, and E. Unggul, “Pengenalan Dan Pelatihan Fotografi Menggunakan Aplikasi Komputer Desain ( Adobe Photoshop Dan Coreldraw ) Untuk Bisnis Industri Kreatif,” no. Reflective LM.
[7] L. Susanto, T.T., Kusnadi, E., Retno, “Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang Media Publikasi Kegiatan (Studi Pada Ibu-Ibu Pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, Pancoran Mas Depok Jawa Barat),” J. Abdimas Bsi, vol. Vol. 1 No., no. 3, p. 577, 2018.
[8] A. Yunanto, “Strategi Perancangan Model Career Path Progression ( CPP ) Pengembangan Jenjang Karir Lulusan pada Program Studi Manajemen Universitas Jenderal Soedirman,” no. September, pp. 1–12, 2018.
[9] Т. А. Shindina, “Interaktivnye tekhnologii obrazovaniya [Interactive technologies in teaching activities: educational guidance].South-Ural State University press,” vol. 289, 2015.
[10] J. Archbold, “Why mentoring matters: what should you be looking for in a mentor? http://www.hr.com/en/magazines/leadership_excellence_essentials/february_2015_leadership/why-mentoring-matters_i5nj5ra6.html.,” 2015.
[11] K. N. W. Setyorini, Arifin. J, “Workshop Desain Brosur Sekolah SMK Mahardika Berbasis BitMap,” J-ABDIPAMAS, vol. 1, p. 1, 2017.
[12] S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta.: Gramedia Pustaka., 2011.
Published
2019-12-18
How to Cite
Desnelita, Y., Gustientiedina, G., Susanti, W., Nasien, D., & Noratama Putri, R. (2019). PKMS PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENUJU WIRAUSAHA BAGI PEMUDA RT.03 RW.04 KELURAHAN UMBAN SARI. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 266-272. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3662
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 42 times