Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar

  • Rani Arifah Normawati - Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Shanti Ike Wardani Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Anna Widayani Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
Keywords: Digital Marketing, Komersialisasi, Usaha Kecil

Abstract

Digital marketing merupakan hasil integrasi konsep pemasaraan tradisional dengan elemen digital. Digitalisasi dalam berbagai bentuk berhubungan positif dengan pertumbuhan, kinerja dan daya saing usaha kecil. Kampung Batik Kembang Turi Blitar adalah usaha yang didirikan dengan tujuan memberdayakan warga dan melestarikan warisan budaya. Keberadaan Kampung Batik Kembang Turi Blitar belum banyak dikenal masyarakat luas. Pemasaran produknya masih menggunakan cara sederhana dan belum memanfaatkan pemasaran secara online. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pendampingan dalam memanfaatkan digital marketing sebagai sarana komersialisasi produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar Blitar. Melalui kegiatan ini diharapkan Kampung Batik Kembang Turi Blitar Blitar mampu mengkomersilkan produknya melalui digital marketing dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya social media dan E-commerce. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman terkait digital marketing, peningkatan ketrampilan penggunaan social media dan E-commerce, dan motivasi untuk mengimplementasikan digital marketing di Kampung Batik Kembang Turi Blitar Blitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 131–141. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675

Balan, S., & Rege, J. (2017). Mining for social media: Usage patterns of small businesses. Business Systems Research, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.1515/bsrj-2017-0004

Bukht, R., & Heeks, R. (2018). Defining, conceptualising and measuring the digital economy. International Organisations Research Journal, 13(2), 143–172. https://doi.org/10.17323/1996-7845-2018-02-07

Inilah e-Commerce yang Paling Banyak Dikunjungi di 2017 | Marketeers - Majalah Bisnis & Marketing Online - Marketeers.com. (n.d.). Retrieved May 12, 2020, from https://marketeers.com/e-commerce-paling-banyak-dikunjungi/

Mengenal Batik Tutur, Batik Khas Blitar Warisan Nenek Moyang – BALITAR.ID. (n.d.). Retrieved May 16, 2020, from https://balitar.id/mengenal-batik-tutur-batik-khas-blitar-warisan-nenek-moyang/

Pandey, N., Nayal, P., & Rathore, A. S. (2020). Digital marketing for B2B organizations: structured literature review and future research directions. Journal of Business and Industrial Marketing, December. https://doi.org/10.1108/JBIM-06-2019-0283

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848

Statistik, B. P. (2019). Statistik E-Commerce 2019.

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073

Zekos, G. I. (2003). MNEs, globalisation and digital economy: legal and economic aspects. Managerial Law, 45(1/2), 1–296. https://doi.org/10.1108/03090550310770875

Published
2020-11-27
How to Cite
-, R. A. N., Ike Wardani, S., & Widayani, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253-261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157
Abstract viewed = 1070 times
PDF downloaded = 805 times