Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Usaha Kecil Menengah Untuk Pencatatan dan Pelaporan Transaksi Penjualan

  • Yulius Harjoseputro Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Thomas Adi Purnomo Sidhi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: UKM, transaksi, retailer, sistem informasi

Abstract

Pemanfaatan teknologi khususnya sistem informasi belakangan ini menjadi cukup popular di kalangan usaha kecil menengah (UKM). Sudah banyak pemanfaatan sistem informasi yang digunakan di berbagai macam UKM yang ada di Indonesia. Salah satu pemanfaatan sistem informasi yang sering digunakan adalah untuk membantu dalam mengelola transaksi di suatu UKM. Pengelolaan transaksi pada usaha retailer atau UKM secara digital memberikan banyak keunggulan, diantaranya adalah memberikan kepastian pendataan transaksi, mempermudah pembuktian pemasukan sebagai laporan pajak, memberikan kenyamanan didalam mengelola laporan keuangan toko. Toko Besi dan Bangunan Central sudah berdiri kurang lebih 10 tahun. Sejak toko ini berdiri, semua transaksi penjualan dan pembelian masih dilakukan dengan nota dan secara manual dihitung setiap hari. Sistem Informasi ini telah berhasil dibangun dan dimanfaatkan sehingga dapat membantu menyelesaikan semua permasalahan yang ada pada Toko Besi dan Bangunan Central Yogyakarta. Pemanfaatan sistem ini juga tidak hanya menyelesaikan permasalahan yang ada, namun juga dapat memberikan kelebihan efisiensi transaksi dan keabsahan transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adithama, S. P., Maslim, M., Harjoseputro, Y., & Suharno, H. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen dan Reservasi untuk Rumah Pembinaan. Jurnal Buana Informatika, 8(4).

Firdaus., D.W., Widyasastrena D. (2017) 'Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur', JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, Vol. 5(No 2), pp. 1423-1440.

Harjoseputro, Y., & Herawati, F. A. (2018, October). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi Kampung Wisata Rejowinangun dan Pakualaman, Yogyakarta. In Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-4.

Jonathan W. & Lestari S. (2015) 'SISTEM INFORMASI UKM BERBASIS WEBSITE PADA DESA SUMBER JAYA', Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1(No 1), pp. 1-16.

Maslim, M., Adithama, S.P., Nugroho, A.H.T. (2020) 'Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus : Pahala Fotokopi dan Digital Printing)', DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4(No. 1 ), pp. Hal. 95-105.

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan web e-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15.

Nandan, R. (2010). Management Accounting Needs of SMEs and the Role of Professional Accountants: A Renewed Research Agenda. JAMAR, Vol. 8. No. 1.

Nugraha, F. (2016) 'Analisa dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis E¬Commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM', Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 5(No 3), pp. Hal. 33-37.

Rifani, L., Aini, N., (2016). APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL MENENGAH KAMPUNG KUE RUNGKUT SURABAYA. In Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Surabaya, 1 Nopember 2016. Surabaya: Jurusan Sistem

Informasi ITS dan Association for Information Systems Indonesia Chapter (AISINDO). 10.

Sinarwati, N. K., Sujana, E., & Herawati, N. T. (2019). Peran Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Mobile Bagi Peningkatan Kinerja UMKM. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 26-32.

Wati, E. S. (2013)). Informasi Akuntansi Mempunyai Peran Penting untuk Mencapai Keberhasilan Usaha. UMS Library.

Winarni. (2009). Menerapkan Penggunaan Laporan laba/rugi Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2).

Guntoro, G. (2021). Sosialisasi Website Portal Bank Sampah Universitas Lancang Kuning. International Journal of Community Service Learning, 5(3).

Published
2021-08-06
How to Cite
Harjoseputro, Y., & Thomas Adi Purnomo Sidhi. (2021). Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Usaha Kecil Menengah Untuk Pencatatan dan Pelaporan Transaksi Penjualan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1305-1317. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.4209
Abstract viewed = 2292 times
PDF downloaded = 969 times