Pelatihan dan Pendampingan Tutor Adik Dosen

  • Stella Prancisca Universitas Tanjungpura
  • Ikhsanudin FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Ana Fergina
  • Muhammad Ainur Rizqi
Keywords: Pembelajaran Daring, Covid-19, Belajar dari Rumah

Abstract

Wabah COVID-19 memaksa sistem pendidikan beradaptasi menuju pelaksanaan kelas secara
daring. Meskipun para peneliti sepakat bahwa adanya teknologi membawa beragam manfaat untuk siswa,
perpindahan yang dilakukan secara mendadak ini bukan tanpa hambatan, misalnya kesulitan
menyampaikan materi berbasis praktikum dan keluhan orang tua ketika mendampingi anak-anak belajar
secara daring. Khusus keluhan kedua, alasan mereka adalah kurangnya waktu karena kesibukan dan
kurangnya penguasan materi yang dipelajari oleh anak mereka. Oleh sebab itu, tim PKM UPT Bahasa Untan
menawarkan sebuah program yang menyediakan 17 tutor pendamping anak-anak belajar dari rumah.
Untuk menjamin kualitas para tutor ini, mereka terlebih dahulu mengikuti pelatihan dan magang yang
diberikan oleh dosen pelaksana PKM. Pelatihan ini berbentuk seminar selama 1 minggu yang dilanjutkan
dengan pendampingan sesi magang selama 1 bulan. Pada sesi magang, para tutor dilatih untuk mengamati
dan mengajar kelas daring. Kedua sesi ini diharapkan dapat membantu mereka mengantisipasi
kemungkinan permasalahan yang muncul selama pelaksanaan kelas daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsalihi, H. D. A. (2020). Main Difficulties Faced by EFL Students in Language Learning. Journal of the College of Education for Women, 31(2), 19-34.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Epidawati & Novelti. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Google Drive dan Blogs bagi Pengawas Sekolah Dasar. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2), 330-334.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to Online Teaching during COVID-19 School Closure: Teacher Education And Teacher Competence Effects among Early Career Teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608-622.

Mukhtar, K., Javed, K., Arooj, M., & Sethi, A. (2020). Advantages, Limitations and Recommendations for Online Learning during COVID-19 Pandemic Era. Pakistan journal of medical sciences, 36(COVID19-S4), S27.

Nghia, T.L.H., & Tai, H.N. (2020). Preservice Teachers’ Identity Development during the Teaching Internship. Australian Journal of Teacher Education. 42(8), 1-15.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. https://doi.org/10.31219/osf.io/nd72p.

Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99-110.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus Pushes Education Online. Nature Materials, 19(6), 687-687.

Published
2021-10-24
How to Cite
Prancisca, S., Ikhsanudin, Fergina, A., & Rizqi, M. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Tutor Adik Dosen. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1151-1157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7870
Abstract viewed = 176 times
PDF downloaded = 186 times