PKM Internasional: Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris Melalui Penulisan Karya Tulis Non-Ilmiah

  • Stella Prancisca* Universitas Tanjungpura
  • Ikhsanudin Ikhsanudin
  • Ana Fergina
  • Muhammad Ainur Rizqi
  • Ahmad Ghazy
Keywords: Menulis, Pendampingan, PKM

Abstract

Pada umumnya, menulis sebuah karya tulis baik ilmiah ataupun non-ilmiah merupakan suatu momok yang masih menghinggapi banyak guru di Indonesia. Mereka merasa masih kurang mampu dan enggan dalam menulis sebuah karya tulis. Berdasarkan permasalahan di atas, PKM ini menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan sebuah program pendampingan guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menulis mereka. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dalam penguasaan bidang menulis yang ditinjau dari berbagai keterampilan dan teknik penulisan serta untuk menyiapkan guru dalam mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang. Selain pemaparan proses pelatihan, artikel ini memberikan informasi bagaimana tanggapan peserta setelah mengikuti program PKM dan aspek apa saja yang mereka butuhkan selama proses menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Media Gambar untuk Kelas 2 pada SDN 93 PALEMBANG. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43-51.
Baswedan, A. (2013, 28 November). VIP-kan Guru-guru Kita!. Kompas, Hlm. 5. https://edukasi.kompas.com/read/2013/11/28/1100170/VIP-kan.Guru-guru.Kita.?page=all
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta : Gava Media.
Departement Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No. 22/2006 Tentang Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departement Pendidikan Nasional
Erpiana, R. (2020). Program Pengembangan Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Febriyani, G. D. (2017). Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Dengan Menggunakan Media Diorama pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Cimahi Tahun Pelajaran 2016/2017 Disertasi, FKIP UNPAS.
Getteng, A., & Rosdiana, R. (2020). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Glesne, C., & Pugach, M. C. (2018). Story as pedagogy: A reflective commentary. LEARNing Landscapes, 11(2), 31-38.
Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. https://jdih.menpan.go.id/data_puu/PERMENPAN2009_016.pdf
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.
Lazuarni, S., Putri, A. U., & Asharie, A. (2023). Pelatihan Pembuatan citrus Dishwash Sebagai Peluang Wirausaha Rumah Tangga di Desa Alai Selatan, Kecamatan Lembak. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 616-623. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.13506
Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi'ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324-329.
Morley, D., & Neilsen, P. (Eds.). (2012). The Cambridge companion to creative writing. Cambridge University Press.
Nugroho, H. (2011). Cara Mudah Menjadi Guru Penulis. Semarang: Dahara Prize.
Suryani, S. (2017). Pemanfaatan Program Microsoft Power Point Dan Microsoft Word Dalam Pembelajaran Tik Di SMP Negeri 30 Makassar. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2). 117-121.
Setiawan, W., & Mulyadi, T. (2014). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang: Artikel Pengabdian Universitas Semarang.
Undang Undang Republik Indonesia Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Published
2023-10-28
How to Cite
Prancisca*, S., Ikhsanudin, I., Fergina, A., Rizqi, M. A., & Ghazy, A. (2023). PKM Internasional: Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris Melalui Penulisan Karya Tulis Non-Ilmiah . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1273-1283. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i5.15366
Abstract viewed = 113 times
PDF downloaded = 98 times