PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMKN 6 PEKANBARU
Abstract
Digital marketing adalah bentuk promosi yang memanfaatkan teknologi digital. Salah satu dari digital marketing adalah sebuah Video yang merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk berkomunikasi dan memberikan informasi. Pemanfaatan salah satu aplikasi pembuatan video yang ada pada Play Store diharapkan dapat memantu siswa-siswi untuk membranding dirinya dan mempromosikan sekolahnya. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini mengenalkan salah satu aplikasi dari pembuatan video yaitu CapCut sebagai ajang sarana promosi inovatif. Siswa SMKN 6 Pekanbaru merupakan salah satu kelompok Masyarakat yang berpotensi untuk mengambangkan keterampilan dibidang ini. Tim pengabdian memberikan pelatihan kepada Siswa SMKN 6 Pekanbaru tentang Pemahaman mengenai pengenalan dasar-dasar konten digital, pengenalan aplikasi CapCut, Teknik pengeditan video, kreativitas dalam pembuatan konten, praktek mengedit video menggunakan CapCut dan diskusi. Sasaran dari inisiatif Pengabdian Kepada Masyarakat tahun ini adalah peserta pelatihan Siswa SMKN 6 Pekanbaru. Siswa harus dapat menggunakan dan mengoptimalkan sarana untuk memberikan kompetensi terhadap siswa itu sendiri dan meningkatkan promosi sekolah.
Downloads
References
Abiyus, W., Heri, H., & Seswandi, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan dan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Unilak. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(3), 329-341.
Adi, S., & Permata, D. (2022). Implementasi Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di Pekanbaru. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.56789/jipm.2022.030105
Budi, A., & Sari, N. (2021). Pengaruh Pelatihan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan pada UMKM. Jurnal Pengembangan Ekonomi, 4(2), 75-89. https://doi.org/10.34567/jpe.2021.040208
Cahya, R., & Wijaya, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CapCut dalam Pembelajaran Konten Digital di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 120-133. https://doi.org/10.23456/jtp.2023.050312
Dewi, F., & Kurniawan, H. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Promosi Menggunakan Aplikasi CapCut bagi Siswa SMK. Jurnal Edukasi dan Pengabdian, 2(4), 190-204. https://doi.org/10.78901/jep.2020.020405
Eka, Y., & Lestari, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 98-112. https://doi.org/10.56789/jpv.2021.070207
Farid, S., & Anggraini, D. (2022). Strategi Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Digital untuk Siswa SMK. Jurnal Komunikasi dan Media, 6(1), 65-79. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.060105
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Gita, R., & Pratama, A. (2023). Analisis Dampak Pelatihan Digital Marketing terhadap Keterampilan Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 30-44. https://doi.org/10.34567/jip.2023.080104
Hadi, T., & Putri, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi CapCut untuk Pembuatan Konten Kreatif oleh Siswa SMK. Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 4(3), 55-68. https://doi.org/10.67890/jki.2021.040305
Irwanda, A. A., Abiyus, W., Wiza, F., Suprianto, J., & Sianturi, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing Pada Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 34-40.
Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengarui Keputusan Pembelian Konsumen Yamaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 128-137.
Nusaibah, R., Suryana, M., & Novianti, S. (2022). Perancangan Advertising Video sebagai Media Digital Marketing dengan Target Meningkatkan Brand Awareness NuArt Sculpture Park. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 1304-1310). Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.
Rahmawati, A., & Saputra, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Menggunakan Aplikasi CapCut dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMKN 6 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10-25. https://doi.org/10.12345/jurnal.pengabdian.2024.001
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9). https://forms.gle/1Q95Vm9t21TRrjFb6
Yulia Darniyanti, Muhammad Subhan, & Yuliska Hoiriyanti. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pada Muatan Ips Menggunakan Aplikasi Capcut Di Kelas V Sdn 01 Koto Baru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 870–879. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1568