PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMKN 6 PEKANBARU

  • Wentisasrapita Abiyus Universitas Lancang Kuning
  • Ahmad Ade Irwanda Universitas Lancang Kuning
  • Richa Afriana Munthe Universitas Lancang Kuning
  • Firmansyah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Capcut, Digital Marketing, Video Promosi, Siswa, SMKN 6 Pekanbaru

Abstract

Digital marketing adalah bentuk promosi yang memanfaatkan teknologi digital. Salah satu dari digital marketing adalah sebuah Video yang merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk berkomunikasi dan memberikan informasi. Pemanfaatan salah satu aplikasi pembuatan video yang ada pada Play Store diharapkan dapat memantu siswa-siswi untuk membranding dirinya dan mempromosikan sekolahnya. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini mengenalkan salah satu aplikasi dari pembuatan video yaitu CapCut sebagai ajang sarana promosi inovatif. Siswa SMKN 6 Pekanbaru merupakan salah satu kelompok Masyarakat yang berpotensi untuk mengambangkan keterampilan dibidang ini. Tim pengabdian memberikan pelatihan kepada Siswa SMKN 6 Pekanbaru tentang Pemahaman mengenai pengenalan dasar-dasar konten digital, pengenalan aplikasi CapCut, Teknik pengeditan video, kreativitas dalam pembuatan konten, praktek mengedit video menggunakan CapCut dan diskusi. Sasaran dari inisiatif Pengabdian Kepada Masyarakat tahun ini adalah peserta pelatihan Siswa SMKN 6 Pekanbaru. Siswa harus dapat menggunakan dan mengoptimalkan sarana untuk memberikan kompetensi terhadap siswa itu sendiri dan meningkatkan promosi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiyus, W., Heri, H., & Seswandi, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan dan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Unilak. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(3), 329-341.

Adi, S., & Permata, D. (2022). Implementasi Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di Pekanbaru. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.56789/jipm.2022.030105

Budi, A., & Sari, N. (2021). Pengaruh Pelatihan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan pada UMKM. Jurnal Pengembangan Ekonomi, 4(2), 75-89. https://doi.org/10.34567/jpe.2021.040208

Cahya, R., & Wijaya, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CapCut dalam Pembelajaran Konten Digital di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 120-133. https://doi.org/10.23456/jtp.2023.050312

Dewi, F., & Kurniawan, H. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Promosi Menggunakan Aplikasi CapCut bagi Siswa SMK. Jurnal Edukasi dan Pengabdian, 2(4), 190-204. https://doi.org/10.78901/jep.2020.020405

Eka, Y., & Lestari, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 98-112. https://doi.org/10.56789/jpv.2021.070207

Farid, S., & Anggraini, D. (2022). Strategi Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Digital untuk Siswa SMK. Jurnal Komunikasi dan Media, 6(1), 65-79. https://doi.org/10.12345/jkm.2022.060105

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gita, R., & Pratama, A. (2023). Analisis Dampak Pelatihan Digital Marketing terhadap Keterampilan Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 30-44. https://doi.org/10.34567/jip.2023.080104

Hadi, T., & Putri, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi CapCut untuk Pembuatan Konten Kreatif oleh Siswa SMK. Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 4(3), 55-68. https://doi.org/10.67890/jki.2021.040305

Irwanda, A. A., Abiyus, W., Wiza, F., Suprianto, J., & Sianturi, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing Pada Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 34-40.

Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengarui Keputusan Pembelian Konsumen Yamaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 128-137.

Nusaibah, R., Suryana, M., & Novianti, S. (2022). Perancangan Advertising Video sebagai Media Digital Marketing dengan Target Meningkatkan Brand Awareness NuArt Sculpture Park. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 1304-1310). Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Rahmawati, A., & Saputra, E. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Menggunakan Aplikasi CapCut dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMKN 6 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10-25. https://doi.org/10.12345/jurnal.pengabdian.2024.001

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9). https://forms.gle/1Q95Vm9t21TRrjFb6

Yulia Darniyanti, Muhammad Subhan, & Yuliska Hoiriyanti. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pada Muatan Ips Menggunakan Aplikasi Capcut Di Kelas V Sdn 01 Koto Baru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 870–879. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1568

Published
2024-07-30
How to Cite
Abiyus, W., Ade Irwanda, A., Afriana Munthe, R., & Firmansyah. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMKN 6 PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 249-256. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.19134
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)